Wisatawan Diminta ikut Menjaga Kelestarian Gunung Bromo
Syahandra Kameron (kiri) saat mengunjungi Bromo.
Probolinggo: Wisatawan diminta ikut menjaga dan melestarikan Gunung Bromo. Sebab, tidak sedikit wisatawan yang masih meninggalkan sampah di lokasi wisata itu.
 
Hal itu diungkapkan Kedua anak calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno Putri, Rakyan Ratri Syandriasari Kameron dan Rakyan Danu Syahandra Kameron saat berkunjung ke Gunung Bromo.
 
Menurut Syahandra, Jawa Timur memiliki potensi wisata beragam, salah satunya Gunung Bromo, yang terkenal dengan keindahan alamnya. Namun pengelolaan dan minimnya tempat sampah menjadi masalah di kawasan Bromo.

Baca: Anak Puti Dekati Kaum Milenial Lewat UMKM


Untuk meminimalisir jumlah sampah yang ada di Bromo, keduanya berinisiatif membuat kantong sampah dari karung goni yang diserahkan kepada para supir Jeep di Bromo. Kantong sampah itu akan diberikan kepada wisatawan agar membawa kembali sampah mereka usai mengunjungi Bromo.
 
"Meski tata kelola sampah di tempat ini belum maksimal, namun pengunjung dapat ikut berperan serta menjaga kawasan Bromo dari pencemaran sampah yang mayoritas berasal dari wisatawan. Salah satunya menggunakan kantong sampah dari karung goni yang kami buat ini, untuk membawa kembali sampahnya usai turun dari puncak Bromo," ujar Syahan, Rabu, 13 Juni 2018.
 
Syandria dan Syahandra berharap, wisatawan lebih meningkatkan kesadaran untuk menjaga dan melestarikan lingkungan, terutama di kawasan wisata, agar keindahannya dapat dirasakan saat ini dan dapat dinikmati oleh generasi mendatang.



(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id