Wapres Yakin Pilkada Sulsel Berjalan Lancar
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Medcom.id/Dheri Agriesta
Gowa: Sulawesi Selatan termasuk salah satu daerah rawan dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Namun, Wakil Presiden Jusuf Kalla yakin pelaksanaan pilkada di kampung halamannya itu berjalan lancar.

"Ya aman dan damai, buktinya (tinggal) beberapa hari ini aman," kata Kalla di Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Gowa, Sabtu, 23 Juni 2018.


Kalla menilai tak ada yang perlu dikhawatirkan dalam Pilkada Serentak 2018. Tak ada potensi konflik yang terlihat di beberapa daerah, seperti Sulawesi Selatan.

"Ngomong aja banyak, tapi tidak ada konflik suku," kata Kalla.

Pemerintah berharap pelaksanan pilkada di Sulawesi Selatan berjalan dengan lancar. Kalla pun tak khawatir dengan potensi konflik usai pilkada.

Toh, Indonesia telah akrab dengan pelaksanaan pemilihan secara langsung. "Pemilu di mana-mana juga begitu," tambah mantan Ketua Umum Partai Golkar itu.

Baca: Netralitas TNI-Polri Diragukan

Masalah netralitas aparatur negara dalam Pilkada 2018 kembali mencuat usai kasus yang menimpa Wakapolda Maluku Brigjen Hasanuddin. Ketua Umum Dewan Masjid itu juga menjamin netralitas Polri, TNI, dan aparatur negara dalam Pilkada 2018. 

"Bukan hanya Polri tapi semuanya, TNI, pejabat negara, saya, harus netral semuanya," kata Kalla.

Sulawesi Selatan merupakan salah satu provinsi tersibuk dalam Pilkada Serentak 2018. Selain menggelar pemilihan gubernur yang diikuti empat pasang calon, ada 12 pemilihan kepala derah tingkat kabupaten dan kota, yang juga digelar.

Dari 12 kabupaten dan kota itu, ada tiga daerah yang memiliki calon tunggal melawan kotak kosong. Tiga daerah itu adalah Makassar, Bone, dan Enrekang.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id