Deddy Mizwar: Masalah Sungai Citarum Urusan Pemerintahan Pusat
Sejumlah petugas dibantu alat berat mengeruk sampah dan limbah di aliran Sungai Citepus yang bermuara di Sungai Citarum, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/3). ANTARA FOTO/Novrian Arbi.
Jakarta:Pencemaran di Sungai Citarum, Jawa Barat, masih menjadi permasalahan hingga saat ini. Calon Gubernur nomor urut 4 Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, persoalan Sungai Citarum ini bukan menjadi tanggung jawab tunggal dari pemerintah Provinsi.

"Jadi badan sungai Citarum itu urusan pemerintahan pusat, bukan urusan Provinsi, bukan urusan Kabupaten," kata Deddy dalam debat II Pilgub Jabar di Balairung Universitas Indonesia, Senin, 14 Mei 2018.


Deddy menjelaskan, jika dirinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat, dia berjanji akan membenahi pencemaran sungai tersebut.

Menurut Deddy, pihaknya akan rajin menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat agar Sungai Citarum bisa dimaksimalkan oleh masyarakat luas.

"Sebagaimana hal nya banjir Bandung, enggak bisa Kang Emil sendiri sendiri benahi, ini harus bersama-sama. Kita hanya tidak membenahi badan sungai, kita membenahi nonstruktural dan kultural," ungkap Deddy.

Senada, calon wakil Gubernur nomor urut 4, Dedy Mulyadi optimis jika dikerjakan bersama, Sungai Citarum akan menjadi sumber kehidupan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat.

"Menurut saya Citarum itu persoalan kita bersama, bukan hanya persoalan Provinsi, persoalan pusat, Kabupaten, kota sampai tingkat kelurahan, yang penting bagi kita adalah hari ini mari kita benahi Citarum dari mulai Gunung Wayang Jati Luhur," jelas Dedy.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id