Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Diuji di Pilkada 2020, SDM Sirekap Dimaksimalkan

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Cindy • 14 November 2020 08:21
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyiapkan sumber daya manusia (SDM) terkait sistem informasi rekapitulasi (Sirekap). Sistem tersebut diuji coba pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.
 
"Kami tetap mempersiapkan SDM kita untuk penggunaan Sirekap secara maksimal," kata Komisioner KPU, Evi Novida Ginting dalam diskusi secara daring, Jumat, 13 November 2020.
 
Evi menuturkan persiapan SDM terkait penggunaan Sirekap akan berguna untuk pemilihan umum (pemilu) yang akan datang. Dia meyakini Sirekap akan menjadi alat penghitungan suara yang sah mengikuti perkembangan teknologi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:KPU Didesak Atur Ketat Gawai Petugas untuk Sirekap
 
"Ini mudahan bisa menjadi satu langkah awal ya ke depan yang kita harapkan bila ada pilkada di beberapa tahun ke depan ataupun pemilu nasional di 2024," ucap dia.
 
Sirekap disepakati menjadi alat bantu rekapitulasi suara di Pilkada 2020. Keputusan itu diambil dalam rapat dengar pendapat Komisi II DPR bersama KPU, Bawaslu, dan Kementerian Dalam Negeri, Kamis, 12 November 2020.
 
Hasil resmi rekapitulasi suara Pilkada 2020 tetap didasari berita acara dan rekapitulasi suara secara manual. Sedangkan, Sirekap hanya menjadi data pembanding dan digunakan sebagai alat publikasi hasil rekapitulasi.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif