ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Bantul Larang Pemasangan APK Pilkada di Lingkungan Pemerintah

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Antara • 28 Oktober 2020 03:05
Bantul: Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, telah mengeluarkan Peraturan Bupati Nomor 112 Tahun 2020 yang di antaranya mengatur tentang larangan pemasangan alat peraga kampanye dalam Pemilihan Kepala Daerah 2020 di lingkungan instansi pemerintah.
 
"Peraturan Bupati Nomor 112 Tahun 2020 pada pasal 9 bahwa, pemasangan APK dilarang di area lingkungan instansi pemerintah, pemerintah daerah, pemerintah desa termasuk ruang milik jalan di lingkungannya," kata Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Bantul, Nuril Hanafi, di Bantul, Selasa, 27 oKTOBER 2020.
 
Baca: 22,7 Juta Pemilih Belum Memiliki Fisik KTP-el

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan selain instansi pemerintah, APK juga dilarang dipasang di area lingkungan rumah dinas pemerintah, pemerintah daerah, dan gedung milik pemerintah termasuk ruang milik jalan di lingkungannya.
 
Sementara di fasilitas umum seperti tempat ibadah, rumah sakit atau tempat-tempat pelayanan kesehatan, area lingkungan terminal dan sub-terminal, serta lembaga pendidikan baik gedung dan sekolah serta ruang milik jalan di lingkungannya juga dilarang dipasangi APK dalam bentuk apapun.
 
"Sedangkan jalan protokol yang bebas dari APK adalah Jalan Jenderal Sudirman mulai simpang empat Gose sampai simpang empat Klodran. Dan Jalan Wahidin Sudirohusodo dari simpang Bejen sampai simpang tiga depan Rumah Sakit Panembahan Senopati," tutur-nya.
 
Sementara di sepanjang jalan lingkar selatan yang berada di wilayah Kabupaten Bantul, termasuk pembatas atau pemisah jalan juga dilarang dipasangi berbagai peraga kampanye pasangan calon bupati dan wakil bupati peserta Pilkada Bantul 2020.
 
Dia juga mengatakan APK juga dilarang dipasang di lingkungan pasar, baik pasar tradisional tingkat kabupaten, Pasar Seni Gabusan, pasar desa di seluruh desa, kemudian lapangan Paseban Bantul dan kawasan Stadion Olahraga Sultan Agung termasuk ruang milik jalan di lingkungannya.
 
"Untuk papan reklame komersial baik milik pemerintah daerah maupun milik penyelenggara reklame juga dilarang dipasang APK," kata Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Organisasi Bawaslu Bantul tersebut.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif