Warga yang tergabung dalam Masyarakat Pendukung Demokrasi beraksi unjuk rasa di Gladak, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warga yang tergabung dalam Masyarakat Pendukung Demokrasi beraksi unjuk rasa di Gladak, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha

Mardani: 80% Calon Kepala Daerah Beli 'Perahu'

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Sri Yanti Nainggolan • 26 September 2020 16:32
Jakarta: Anggota Komisi II DPR Mardani Ali Sera mengungkapkan hanya sebagian kecil calon pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang berasal dari kader partai. Pesta demokrasi ini didominasi dengan calon berkocek tebal.
 
"Calon dengan ideologi partai 20 persen, 80 persen beli perahu," kata Mardani dalam diskusi di Jakarta, Sabtu, 26 September 2020.
 
Menurut dia, calon kepala daerah yang membeli 'perahu' bakal beringinan besar untuk menang. Pasalnya, sudah banyak biaya yang dikeluarkan untuk maju karena bukan berasal dari partai sejak awal.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, calon yang berasal dari partai cenderung berbiaya murah. Pasalnya, mereka sudah memiliki modal mesin politik di akar rumput.
 
"Kader nothing to lose. Kita memang kerja membangun partai. Pas maju, itu artinya melanjutkan partai," jelas politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Fenomena ini, kata dia, tentu berpengaruh pada psikologi pilkada. Tujuan utama untuk menang dengan mengesampingkan aturan, termasuk protokol kesehatan, berpotensi besar muncul.
 
"Ini adalah momen di mana hawa nafsu besar untuk menang," jelas dia.
 
Baca: Penyelenggara Konser Dangdut di Tegal Terancam 1 Tahun Penjara
 
Pilkada 2020 digelar di 270 daerah yang meliputi 9 pemilihan gubernur (pilgub), 224 pemilihan bupati (pilbup), dan 37 pemilihan wali kota (pilwalkot). Total 698 pasangan bertarung di Pilkada 2020: 24 pasangan pilgub, 579 di pilbup, dan 95 di pilwalkot.
 
Peserta pilkada serentak diberi kesempatan berkampanye dari Sabtu, 26 September 2020, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara berlangsung Rabu, 9 Desember 2020, dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif