Sepuluh Lembaga Survei Gelar Quick Count Pilgub Sulsel

Andi Aan Pranata 26 Juni 2018 14:58 WIB
pilkada serentakpilkada 2018
Sepuluh Lembaga Survei Gelar <i>Quick Count</i> Pilgub Sulsel
ilustrasi Medcom.id
Makassar:Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Selatan menetapkan sepuluh lembaga survei yang diperbolehkan menggelar penghitungan cepat atau quick count pemilihan gubernur 2018. Lembaga ini bekerja pada hari pemungutan suara, Selasa, 27 Juni besok.

Komisioner KPU Sulsel Uslimin menyebutkan, lembaga tersebut berasal dari Sulsel maupun yang berskala nasional. Masing-masing Cyrus Nusantara, Indo Barometer, Celebes Research Center, Pandawa Research.


Berikutnya, Populi Center, Citra Publik Indonesia, Indikator Politik Indonesia, Jaringan Suara Indonesia, Saiful Mujani, dan Indeks Politika.

"Semuanya melapor mau melakukan quick count, ditambah empat lembaga pemantau," kata Uslimin di Makassar, Selasa 26 Juni.

Uslimin menjelaskan, lembaga survei di atas merupakan yang memenuhi persyaratan sesuai Peraturan KPU Nomor 8 tahun 2017. Berdasarkan aturan itu, lembaga penyelenggara survei antara lain wajib memiliki akta pendirian. Lembaga sudah tergabung dalam asosiasi, tidak berafiliasi dengan calon kepala daerah, dan tidak mengganggu proses pemilihan.

Komisioner KPU Sulsel Asram Jaya mengungkapkan bahwa dua dari sepuluh lembaga akan melakukan penghitungan exit poll. Penghitungan survei ini digelar dengan mewawancarai sampel pemilih yang keluar dari TPS. Berbeda dengan quick count yang mencatat hasil akhir dari TPS. 

Pilgub Sulsel digelar dengan melibatkan 6.022.987 jiwa wajib pilih. Pemilih tersebar di 17.140 TPS, pada 307 kecamatan di 24 kabupaten/kota.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id