Ilustrasi. (Foto: MI/Amiruddin Abdullah)
Ilustrasi. (Foto: MI/Amiruddin Abdullah)

KPU Cianjur Prioritaskan Distribusi Logistik ke Wilayah Selatan

Pilkada logistik pemilu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Media Indonesia.com • 22 November 2020 11:01
Cianjur: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, telah memitigasi karakteristik tempat pemungutan suara (TPS) yang jauh dan sulit dijangkau armada transportasi. Langkah itu tidak terlepas dengan skema pendistribusian kebutuhan logistik pilkada mengingat kondisi cuaca saat ini cukup ekstrem.
 
Ketua KPU Kabupaten Cianjur Selly Nurdinah mengatakan TPS yang berada di pelosok mayoritas tersebar di wilayah Cianjur selatan. Karena itu, KPU akan memprioritaskan pendistribusian logistik terlebih dulu.
 
"Kita akan memprioritaskan distribusinya ke wilayah yang cukup jauh dan sulit dijangkau. Wilayah selatan tentu jadi proritas," terang Selly, Minggu, 22 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Pilih Calon Tunggal atau Kotak Kosong?
 
Selly belum bisa merinci jumlah TPS yang termitigasi berada cukup sulit dijangkau. Berdasarkan laporan hasil pemetaan dari panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di tingkat kecamatan, terdapat beberapa TPS yang keberadaannya cukup jauh dan relatif sulit dijangkau armada pengangkut logistik.
 
"Kalau jumlah riil (TPS) kita belum dapat. Dari hasil mitigasi, ada beberapa TPS yang harus mendapat perlakuan khusus saat distribusi logistik. Di antaranya seperti di Kecamatan Kadupandak, Cijati, Cidaun, dan Sindangbarang," ungkapnya.
 
Selly memastikan jumlah TPS di pelosok itu tidak mencapai ratusan. Diperkirakan hanya berjumlah puluhan.
 
"Puluhan juga mudah-mudahan tidak terlalu banyak," tuturnya.

Hari H pemungutan suara pada 9 Desember sudang tinggal sekitar dua pekan lagi. Satu per satu kebutuhan logistik pun diterima KPU dari pihak penyedia jasa.
 
"Ada memang beberapa logistik yang belum kami terima, seperti tinta, segel, dan lainnya. Semuanya sedang dalam proses," kata Selly.
 
Karena itu, Selly optimistis semua logistik Pilkada Kabupaten Cianjur bisa terdistribusikan sebelum hari H pemungutan suara. Skema pendistribusiannya pun sudah dirancang sedemikian rupa agar tidak ada yang mengalami rusak, baik karena faktor alam maupun faktor manusia.
 
"Mudah-mudah distribusi (logistik) sesuai regulasi maksimal satu hari sebelum hari H sudah berada di TPS," jelasnya. (Benny Bastiandy)

 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif