ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Ratusan Pertemuan Dilakukan Paslon Pilkada Gunungkidul Selama Pandemi

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pencegahan Covid-19 Protokol Covid-19
Ahmad Mustaqim • 18 Oktober 2020 16:41
Yogyakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyebut ada sekitar 600 pertemuan selama masa kampanye Pilkada 2020.
 
Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rosita, mengatakan tak ditemukan dugaan pelanggaran selama kampanye secara tatap muka itu. Meskipun ia menyebut hampir setiap pertemuan masih ada yang tak patuh pada protokol kesehatan termasuk paslon.
 
"Ini hampir terjadi di hampir semua (kampanye) paslon," kata Rosita saat dihubungi, Minggu, 18 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pakar: Calon Petahana Diuntungkan pada Pilkada di Masa Pandemi
 
Rosita mencontohkan salah satu bentuk abainya protokol kesehatan yakni masih ada peserta kampanye tak pakai masker dan beberapa peserta dalam pertemuan melebihi 50 orang.
 
Menurut Rosita langkah yang bisa dilakukan dari kejadian itu dengan memberikan peringatan dan imbauan kepada tim kampanye paslon. Hal itu semata untuk menghindari risiko penuluran covid-19.
 
"Saya kira bisa langsung diselesaikan melalui imbauan. Kami (sampaikan) langsung ke tim kampanya paslon agar bisa mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.
 
Ia mengingatkan agar seluruh paslon bisa mengonsep dengan baik sebelum pelaksanaan kampanye, termasuk meminimalisasi kerumunan. Ia mengatakan, paslon yang melakukan pelanggaran bisa terancam sanksi. Beberapa sanksi yang bisa dijatuhkan mulai dari teguran tertulis, pembubaran acara, hingga pemotongan waktu kampanye.
 
Terpisah, Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiyawan, mengatakan sutuasi beberapa pekan masa kampanye masih kondusif. Pihaknya berupaya menegakkan hukum kampanye serta membantu penegakan penerapan protokol kesehatan.
 
"Mudah-mudahan selama pilkada dapat berjalan dengan aman lancar damai dan juga sehat," ujarnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif