Ketua PCNU Tegal Kandidat Kuat Pengganti Enthus
Calon Bupati Tegal Petahana Enthus Susmono bersama pasangannya menunjukkan nomor urutnya 3 usai debat publik di Gedung Korpri Slawi, Tegal. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Tegal:Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hingga kini belum memutuskan pengganti almarhum Enthus Susmono untuk bertarung di Pilkada Tegal 2018. Namun, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tegal Ahmad Wasari disebut-sebut menjadi kandidat terkuat.

PKB masih enggan bicara walau nama Wasari banyak digembar-gembor bakal diusung."Kalau ada informasi yang berkembang di luar, itu baru sebatas rumor. Kita belum memutuskan ," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi, Kamis, 17 Mei 2018.


Firdaus mengakui jika Ahmad Wasari merupakan kandidat terkuat yang akan diajukan sebagai calon pengganti ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain Ketua PCNU, Ahmad Wasari juga menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

Nama Wasari muncul sebagai kandidat terkuat berdasarkan sejumlah pertimbangan. Di antaranya pendapat para kiai dan pengurus NU.

"Berdasarkan rapat pleno di PCNU dengan semua MWC (Majelis Wakil Cabang) NU se Kabupaten Tegal, kandidat terkuatnya yaitu Pak Wasari," ujarnya.

Menurut Firdaus, PKB sebagai partai pengusung pasangan calon (paslon) Enthus Susmono-Umi Azizah masih harus melakukan komunikasi dengan berbagai pihak sebelum memutuskan ‎nama calon pengganti.

"Semua pihak yang sebelumnya sudah bersama-sama dengan Enthus-Umi, dengan partai pendukung, termasuk dengan Bu Umi," ucap Firdaus yang juga Ketua DPRD Kabupaten Tegal.

Pengganti Enthus yang diajukan ke KPU baru akan diketahui pada Minggu, 20 Mei 2018. Hari yang juga menjadi batas waktu pengajuan calon pengganti sesuai ketentuan KPU.

"Saat ini yang sudah pasti, Bu Umi jadi calon Bupati. Tinggal nanti calon wakil bupatinya siapa. Nanti baru diketahui saat hari terakhir pendaftaran di KPU. Kami akan serahkan (calon pengganti) pas deadline," pungkasnya.

Enam nama pernah disebutkan oleh DPC PKB Kabupaten Tegal. Keenam orang itu yakni, Ketua DPP PKB Bahrudin Nasori (anggota DPR RI Fraksi PKB), Edi Utomo (pengusaha), Ahmad Wasari (Ketua PCNU Kabupaten Tegal), Widodo Joko Mulyono (Sekda Kabupaten Tegal), A Firdaus Assyairozi (Ketua DPC PKB Kabupaten Tegal), dan Nurohman (pengusaha).

 



(SUR)