KPU Surabaya Gelar Simulasi Pencoblosan Pilkada Jatim
Desain sementara surat suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim (Pilgub) 2018. Antara
Surabaya:Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar simulasi tata cara pencoblosan saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jatim 2018 di halaman kantor KPU setempat, Kamis, 3 Mei 2018.

"Simulasi dilakukan untuk mencari solusi kalau ada masalah yang nantinya dihadapi petugas di TPS (Tempat Pemungutan Suara)," kata Komisioner Divisi Teknis KPU Surabaya Nurul Amalia di sela-sela acara tersebut.


Simulasi tersebut menghadirkan properti mirip TPS yang dilengkapi petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), linmas, saksi, dan pengawas TPS.

Nurul mengatakan simulasi pencoblosan ini juga memperagakan tata cara mencoblos orang yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), tidak dalam DPT, dan bagaimana mengatasi pemilih tidak sesuai prosedur misalnya memakai atribut partai atau salah satu pasangan calon. Simulasi juga melibatkan disabilitas seperti halnya pemilih tuna rungu.

Dalam simulasi itu, lanjut dia, dipraktikkan soal larangan tata cara mencoblos bagi pemilih yang menggunakan hak pilihnya dengan memakai seragam atau atribut parpol. Sekaligus melarang pemilih mengambil gambar saat dibilik suaranya.

Menurut dia, saat mengambil hak suara, pemilih harus menggunakan pakaian yang netral tidak unsur kampanye pasangan calon atau gambar partai. Sedangkan larangan pengambilan gambar diatur dalam peraturan KPU (PKPU) Nomer 8 Tahun 2018 pasal 32 ayat 1 huruf i.

"Disitu menyebutkan larangan penggunaan telepon genggam dan atau alat perekam gambar lainnya saat dibilik suara," katanya.

Adapun DPT Kota Surabaya dalam Pilkada Jatim 2018 sekitar 2.006.061 pemilih. Nurul berharap dengan sosialisasi ini bisa mendongkrak pemilih dalam Pilgub Jatim pada 27 Juni 2018.

"Kami yakin pemilih bisa maksimal menggunakan hak suaranya pada 27 Juni nanti," katanya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id