TB Hasanuddin Ingin Terjunkan Dokter ke Pelosok Jawa Barat

Deny Irwanto 22 Juni 2018 20:29 WIB
pilkada jabar
TB Hasanuddin Ingin Terjunkan Dokter ke Pelosok Jawa Barat
Suasana debat publik ketiga Pilgub Jabar di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 22 Juni 2018. Foto: Medcom.id/ Roni Kurniawan.
Bandung: Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menilai angka kesehatan Jawa Barat masih minim. Hasanuddin mengaku akan meningkatkan kesehatan masyarakat jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat.

"Konsep kami membebaskan biaya berobat secara gratis kepada satu juta rakyat Jawa barat yang miskin," kata Hasanuddin saat debat publik ketiga Pilgub Jabar di Grand Ballroom Sudirman, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat, 22 Juni 2018.


Hasanuddin menjelaskan, jika dibanding dengan Jawa Tengah dan Jawa Timur, Jawa Barat masih jauh tertinggal dalam urusan ketersediaan Rumah sakit rujukan.

Menurut Hasanuddin, Jawa Tengah mempunyai enam Rumah Sakit rujukan dan Jawa Timur mempunyai 10 rumah sakit rujukan.

Atas hal tersebut, Hasanuddin bertekad untuk mencontoh fasilitas yang dimiliki Provinsi tetangga tersebut.

"Kami membuat konsep membuat rumah sakit rujukan provinsi itu empat, di wilayah Utara satu, barat satu, selatan satu, dan timur satu," jelas Hasanuddin.

Tak hanya itu, Hasanuddin juga mengaku akan membangun ratusan puskesmas yang bisa merawat inap setiap pasien yang membutuhkan. Tak hanya itu, Hasanuddin juga ingin mendistribusikan dokter ke daerah terpencil agar bisa mengobati setiap warga Jawa Barat.

"Kemudian puskesmas dari 1015 baru 200 yang mampu menampung yang namanya perawatan atau rawat inap, kami akan bangun 500 puskesmas mampu menampung rawat inap plus distribusi dokter dokter spesialis itu harus ke daerah dengan insentif Rp20 juta perorang kami bisa menyebarkan seluruh dokter itu ke daerah daerah terpencil," pungkas Hasanuddin.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id