Pemkot Bandung Gelar Lomba Dekorasi TPS
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (kiri) bersama Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok (kanan) saat program Bandung Menjawab di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Selasa 26 Juni 2018.
Bandung:Pemerintah Kota Bandung menggelar lomba dekorasi tempat pemungutan suara (TPS) pada hari pencoblosan Pilkada 2018, Rabu, 27 Juni. Perlombaan dekorasi tersebut akan dinilai oleh Pemkot Bandung yang telah menyiapkan hadiah total puluhan juta rupiah.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) mengatakan ada tiga kategori untuk lomba TPS, yakni paling kreatif, tingkat partisipasi paling tinggi, dan TPS yang ramah bagi kaum difabel.


"Kami ingin membuktikan Kota Bandung paling keren se-Indonesia. Bisa temanya piala dunia, kemerdekaan, atau lain-lain, bikin sekreatif mungkin," ujar Emil dalam program Bandung Menjawab di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Selasa 26 Juni 2018.

Emil mengatakan, lomba TPS tersebut sebagai upaya dukungan dari Pemkot Bandung pada Pilkada serentak tahun ini. Hal itu pun sebagai daya tarik bagi para pemilih untuk bersemangat menggunakan hak suaranya datang ke TPS.

"Hayu rame-rame datang ke TPS, gunakan hak suaranya dengan baik. Karena Cuek mu hari ini adalah sesalmu dikemudian hari," sambungnya.

Adapun hadiah uang tunai yang disiapkan Pemkot Bandung yakni untuk juara satu sebesar Rp10 juta, juara kedua Rp5 juta dan juara ketiga Rp2,5 juta. 

"Hadiah itu untuk penyemangat dan membuat kreatif disetiap TPS. Jadi silahkan buat sekreatif mungkin agar menarik," pungkasnya.

Sementara itu Ketua KPU Kota Bandung Rifqi Alimubarok mengatakan, pihaknya tidak memberikan anggaran tambahan untuk mendekorasi setiap TPS. Dekorasi tersebut merupakan kewenangan disetiap TPS agar lebih menarik.

"Kita tidak memberikan dana, itu mah sukarelawan disetiap TPS untuk menyemarakkan pesta demokrasi lima tahunan ini," kata Rifqi ditempat yang sama.

Namun Rifqi memastikan selurug TPS di Kota Bandung yang berjumlah 4,419 dilengkapi dengan petugas sebanyak lima orang ditambah dua orang pengamanan dari Linmas.

"Semua sudah siap, surat suara sudah ada di setiap kelurahan tinggal distribusi ke TPS jika TPSnya sudah siap," tegasnya.
 



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id