Plh Ketua KPU Ilham Saputra/Medcom.id/Faisal Abdalla.
Plh Ketua KPU Ilham Saputra/Medcom.id/Faisal Abdalla.

Saya Tidak Mau Dengar Ada Teguran dari Bawaslu

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Protokol Covid-19 protokol kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 03 Oktober 2020 05:19
Jakarta: Pelaksana harian (Plh) Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mewanti-wanti jajarannya selalu menerapkan protokol kesehatan di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Insiden pelanggaran protokol covid-19 di Tasikmalaya tak boleh terulang.
 
"Saya tidak mau dengar ada teguran dari Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) bahwa penyelenggara tidak memakai masker (melanggar protokol kesehatan) misalnya," kata Ilham dalam Webminar KPU, Jumat, 2 Oktober 2020.
 
Insiden yang dimaksud Ilham yaknikonser dangdut berlatar belakang spanduk 'Rapat Pleno Terbuka Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Tasikmalaya Tahun 2020'. Video tersebut viral dan dilaporkan ke Bawaslu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ilham menyebutpenerapan protokol kesehatan menjadi kunci pelaksanaan Pilkada 2020. Hal tersebut harus dijalankan dengan baik oleh seluruh pihak.
 
Baca:Cakada Melanggar Protokol Kesehatan Dapat Dipidana

"Kita harus buktikan kita mampu lakukan Pilkada 2020 dengan higienis. Masyarakat aman, penyelenggara paslon juga sehat," ungkap dia.
 
Seperti diketahui, video konser dangdut di Tasikmalaya sempat menjadi bahan perbincangan di dunia maya. Penyelenggara dianggap abai menerapkan protokol kesehatan dengan menggelar pesta dangdut.
 
Temuan itu langsung direspons oleh Bawaslu. Sebab dianggap menjadi contoh yang tidak baik bagi pihak lain.
 
"Kami akan tegur teman-teman KPU (Kabupaten) Tasikmalaya yang tidak bisa memonitor anak buahnya," kata Anggota Bawaslu Rahmat Bagja dalam diskusi virtual yang diselenggarakan oleh Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik (LHKP) Muhammadiyah, Rabu, 30 September 2020.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif