Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

KPU Bantul Tetapkan DPT 706.688 Orang

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Ahmad Mustaqim • 14 Oktober 2020 11:10
Bantul: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sejumlah 704.688 untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Bantul 2020. Penetapan DPT telah dilakukan lewat rapat pleno terbuka pada Selasa, 13 Oktober 2020.
 
"DPT yang disahkan terdiri dari pemilih laki-laki sebanyak 345.582 dan pemilih perempuan 359.106," kata Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Bantul, Arif Widayanto dihubungi lewat pesan singkat, Rabu, 14 Oktober 2020.
 
Ia menjelaskan, terjadi penurunan jumlah pemilih sebanyak 963 sejak ditetapkan daftar pemilih sementara (DPS). Penurunan ini terjadi karena adanya pemilih tidak memenuhi syarat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Arif, pembaruan data pemilih telah dilakukan setiap hari meski telah direkapitulai di PPS dan PPK. Arif mengatakan, beberapa penyebab pemilih tak memenuhi syarat karena meninggal dan mutasi kependudukan.
 
"Selain pengurangan akibat tidak memenuhi syarat juga dilakukan perbaikan elemen data pemilih dan penambahan pemilih baru," terangnya.
 
Baca:Cara Baru Pencoblosan saat Pandemi Covid-19 ala KPU Depok
 
Ia menuturkan, ada penambahan satu TPS di Rutan Pajangan. TPS ini untuk melayani warga binaan yang tidak memungkinkan menggunakan hak pilih di tempat asal.
Dengan penambahan TPS ini, jumlah total TPS di Bantul sebanyak 2.085 TPS tersebar di 75 Desa dan 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul.
 
Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho, menyebut DPT sah akan dipakai untuk dasar pengadaan logistik pemilihan. Surat suara akan dicetak sejumlah DPT ditambahkan 2,5 persen di setiap TPS.
 
"Surat suara yang akan dicetak ini berukuran 18 sentimeter kali 23 sentimeter dan akan diberikan pengaman berupa mikroteks," ujarnya.
 
Baca:Narkoba dan Covid-19 Jadi Tambahan Tema Debat Paslon di Sultra
 
Pengaman surat suara berupa mikroteks ini, lanjutnya, untuk menjamin keamanan surat suara dan antisipasi agar tidak dapat dipalsukan. Kebutuhan logistik lainnya adalah alat kelengkapan TPS dan keperluan TPS lainnya.
 
"Jumlah TPS sebanyak 2085 menjadi angka final untuk pengadaan logistik pemilihan. Selain itu pembentukan personel KPPS juga mengalami penambahan dengan adanya TPS baru di Rutan Bantul," jelasnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif