ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Puluhan Anggota KPPS Klaten Terpapar Covid-19

Pilkada pilkada serentak pandemi covid-19
Media Indonesia.com • 27 November 2020 20:38
Klaten: Sebanyak 40 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, terkonfirmasi positif covid-19. Puluhan anggota KPPS tersebut saat ini menjalani karantina mandiri.
 
"Sementara anggota KPPS yang positif menjalani karantina. Mereka yang negatif nanti bisa langsung melaksanakan tugas," kata anggota KPU Klaten, Samsul Huda, di Klaten, Jumat, 27 November 2020.
 
Baca: Rizieq Shihab Diam-Diam Lakukan Tes Covid-19

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan apabila di antara 40 anggota KPPS terkonfirmasi positif terpapar covid 19 ada yang mengundurkan diri, KPU Klaten akan segera mencari anggota baru.
 
Ketua KPU Klaten, Kartika Sari Handayani, menambahkan bahwa pihaknya belum mengetahui pasti berapa jumlah anggota KPPS yang mengundurkan diri terpapar covid-19.
 
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Klaten, Anggit Budianto, menyebut sekitar 28.000 anggota penyelenggara pilkada telah manjalani rapid test.
 
"Untuk anggota KPPS yang sudah dilakukan rapid test, sebanyak 1.851 orang dinyatakan reaktif. Dan, dari jumlah anggota yang reaktif pun sudah dilakukan pemeriksaan swab," ungkap Anggit.
 
Menurut Anggit hasil rapid test 1.800 anggota KPPS itu belum semua keluar. Tetapi sampai saat ini yang terkonfirmasi positif terpapar covid-19 sebanyak 40 orang.
 
Untuk antisipasi dan pencegahan penularan covid-19, anggota KPPS yang dinyatakan positif diminta agar melakukan isolasi mandiri. Apalagi mereka OTG atau orang tanpa gejala.
 
"Ini sudah tujuh hari dari pelaksanaan rapid test. Kita tunggu sampai 10 hari untuk dievaluasi. Kami, sampai saat ini masih menunggu hasil swab sekitar 300 anggota KPPS," ujarnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif