Ilustrasi Pilkada 2020. Medcom.id
Ilustrasi Pilkada 2020. Medcom.id

Penyelesaian Kasus Covid-19 Ujian Bagi Petahana

Pilkada Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 01 Juli 2020 16:02
Jakarta: Penyelengaraan Pilkada 2020 di tengah pandemi covid-19 dinilai tidak menguntungkan petahana. Kondisi ini justru menjadi penentu kemenangan petahana.
 
"Pilkada Serentak 2020 merupakan ujian kepemipinan bagi para kontestan, terutama untuk petahana, untuk dapat membuktikan mereka mampu memimpin dalam situasi tidak normal," ujar staf khusus Menteri Dalam Negeri, Kastorius Sinaga, di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2020.
 
Kastorius menyakini pemilih bersikap kritis dalam menilai kepimpinan para petahana dalam menyelesaikan beragam permasalahan yang disebabkan covid-19. Kondisi tersebut akan melahirkan kualitas pemimpin yang kuat bertahan di segala kondisi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Watak yang sejati muncul. Apakah dia (petahana) memimpin untuk orang banyak atau hanya untuk dirinya sendiri," tutur dia.
 
(Baca: Publik Disarankan Tidak Pilih Petahana yang Gagal Tangani Covid-19)
 
Dia menuturkan terdapat tiga unsur penting keberhasilan pemimpin menuntaskan covid-19 berdasarkan pemikiran Futurolog, Francis Fukuyama. Yakni, kemampuan negara menyediakan sistem dan faslilitas kesehatan, ada kepercayaan sosial, dan faktor kepemimpinan menanggulangi pandemi covid-19.
 
Dia menuturkan faktor kepemimpiman menjadi dasar pemilih menentukan pemimpin daerah. Pemilih akan melihat terobosan yang dilakukan petahana menghadapi virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, Tiongkok itu.
 
"Apakah akan memiliki terobosan inovatif atau hanya mengambil keuntungan dari keadaan," tutur dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif