KPU tak Bisa Fasilitasi APK Paslon Pengganti Enthus-Umi
Pasangan Umi Azizah-Sabilillah Ardi. Medcom.id/Kuntoro Tayubi
Tegal: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, diminta memfasilitasi alat peraga kampanye (APK) pasangan calon (paslon) nomor tiga Umi Azizah-Sabilillah Ardi. Namun, KPU Kabupaten Tegal menyebut hal tersebut tidak bisa dipenuhi.

Ketua KPU Kabupaten Tegal Sukartono mengaku telah berkonsultasi ke KPU RI dan diterima Biro Teknis KPU RI karena komisioner berhalangan. Dalam konsultasi itu, KPU Kabupaten Tegal tidak diperbolehkan menfasilitasi APK dan bahan kampanye (BK) terhadap calon pengganti. Sebab, APK dan BK sudah didapatkan oleh paslon tersebut sebelum berhalangan tetap.


"Ini juga disampaikan KPU Provinsi Jateng untuk tidak ada APK dan BK. Untuk surat suara dan alat peraga sosialisasi bisa diadakan KPU," kata Sukartono.
 
Namun, dia mempersilahkan tim pemenangan untuk melayangkan keberatan surat walaupun sudah bertindak sesuai dengan petunjuk KPU RI. KPU Kabupaten Tegal juga mengaku sudah melayangkan surat terkait persoalan tersebut kepada KPU RI. Namun, hingga kini belum ada jawaban dari KPU RI.

Baca: Umi-Ardi Resmi Jadi Paslon Pilbup Tegal

Partai pengusung Umi-Ardi pun merasa KPU Kabupaten Tegal tidak adil. "KPU harus adil. APK harus disediakan oleh KPU," kata Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Tegal A Firdaus Assyairozi di kantor KPU Kabupaten Tegal, Kamis, 24 Mei 2018.

Setelah paslon ditetapkan, maka KPU berkewajiban untuk menfasilitasi pengadaan APK. Tidak hanya surat suara dan alat peraga sosialisasi, tapi APK juga menjadi tanggungjawab KPU. Ini dilakukan untuk memenuhi rasa keadilan seperti paslon lainnya.

"PKB selaku pengusung paslon nomor tiga dan tim pemenangan Umi-Ardie akan melayangkan surat protes ke KPU. Ini demi rasa keadilan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Firdaus, tim pemenangan juga akan melayangkan surat ke Panwas Kabupaten Tegal agar mengklarifikasi hal tersebut.
 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id