ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Calon Kepala Daerah di Jateng Masih Andalkan Kampanye Terbuka

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Mustholih • 28 Oktober 2020 19:47
Semarang: Kampanye Pemilihan Kepala Daerah 2020 di 21 Kabupaten dan Kota se-Jawa Tengah masih didominasi dengan kampanye tatap muka. Badan Pengawas Pemilu mengungkap dalam satu bulan baru ada 341 kali kampanye paslon Kepala Daerah di Jateng yang berbasis media daring.
 
"Kampanye melalui media sosial dan atau media daring terbilang masih sedikit dibanding dengan kampanye langsung," kata Komisioner Bawaslu Jawa Tengah, Anik Solihatun, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Baca: Polri Gencar Patroli Siber Tekan Hoaks Covid-19 Selama Pilkada

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anik menjelaskan padahal Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 13 tahun 2020 mengamanatkan kampanye Pilkada 2020 lebih diutamakan dengan menggunakan media daring. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus korona covid-19 dari klaster Pilkada.
 
Menurut Anik selama periode 26 September hingga 26 Oktober 2020, tercatat Calon Kepala Daerah di Jateng telah melakukan 2.655 kampanye tatap muka. Adapun kampanye di media sosial, baru mereka lakukan 341 kali.
 
"Kampanye yang menggunakan media sosial hanya 11,3 persen. Sedangkan kampanye tatap muka sebanyak 88,7 persen," jelas Anik.
 
Anik mengakui kampanye tatap muka memang diperbolehkan di Pilkada 2020. Namun jumlah peserta harus dibatasi maksimal 50 orang dan menerapkan protokol kesehatan covid-19 seperti menjaga jarak, menyediakan hand sanitizer, dan mengenakan masker.
 
"Kami menghimbau kepada pasangan calon, tim kampanye, partai politik, hingga para pendukung untuk terus menerus mentaati aturan pelaksanaan kampanye," ujarnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif