ilustrasi. Medcom.id
ilustrasi. Medcom.id

Hak Pilih Pasien Covid-19 Akan Difasilitasi

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 03 Desember 2020 20:30
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan memfasilitasi pemilih yang terpapar covid-19. Ini sebagai upaya agar tidak ada pemilih yang kehilangan hak pilih dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.
 
Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan pemilih yang terpapar covid-19 akan didatangi oleh sejumlah petugas yang terdiri dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), pengawas, pemantau hingga saksi. Ketentuan itu telah diatur dalam Pasal 72 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada di tengah Bencana Nonalam Covid-19.
 
"KPPS nanti mungkin dua orang ya, didampingi dengan pengawas, pemantau mungkin juga kalau ada yang mau ikut bisa ikut, saksi juga kalau ada yang mau ikut bisa ikut," ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Warga Disarankan Pilih Pemimpin yang Bisa Pulihkan Daerah dari Covid-19
 
Mekanisme ini berlaku baik pasien yang di rawat di rumah sakit dan menjalani isolasi mandiri di rumah. Seluruh petugas yang akan memfasilitasi pemilih covid-19 dilepangkapi dengan alat pelindung diri (APD) yang lengkap.
 
"Kalau petugas di TPS itu hanya menggunakan masker, face shield, sarung tangan, tapi untuk mereka yang menjalankan di rumah sakit dia juga harus dilengkapi baju hazmat," jelasnya.
 
Selain itu, petugas tersebut harus menjalani rapid test terlebih dulu. Sehingga dipastikan petugas yang menjalankan tugas dalam kondisi kesehatan yang baik.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif