Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ini Waktu Memilih untuk Pasien Covid-19 Saat Pilkada

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 04 Desember 2020 03:53
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan waktu bagi pemilih yang terpapar covid-19 untuk menggunakan hak pilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Hal tersebut diatur dalam Pasal 71 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada di Tengah Bencana Nonalam Covid-19.
 
"Kita bisa mengatur waktu pukul 12.00-13.00 WIB untuk mengirim petugas kita ke rumah-rumah untuk bisa melayani pemilih (covid-19)," ujar Komisioner KPU Evi Novida Ginting di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 3 Desember 2020.
 
Evi menjelaskan aturan tersebut berlaku bagi pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit dan di rumah. KPU akan berkoordinasi dengan pihak rumah sakit dan pemerintah daerah mendata pasien yang memberikan hak pilihnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejumlah petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) didampingi dengan pengawas dan saksi akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) saat mengunjungi pemilih di rumah sakit. Hal ini sebagai upaya untuk mencegah terpapar covid-19.
 
"Kita bekerja sama dengan pihak rumah sakit, dengan tenaga kesehatan bagaimana tata caranya, (agar) tetap bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin di rumah sakit," tuturnya.
 
Baca: Hak Pilih Pasien Covid-19 Akan Difasilitasi
 
Sedangkan, pemilih yang menjalani isolasi mandiri di rumah perlu mendapat persetujuan dari keluarga. Keluarga pemilih dapat menginformasikan terlebih dulu ke petugas KPPS.
 
"(Akan) dilayani di rumah sehingga nanti bisa disiapkan segala sesuatunya, termasuk surat suara dan lain sebagainya," jelasnya.
 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif