'Serangan Fajar' Dilaporkan Terjadi di Beberapa Daerah

M Sholahadhin Azhar 27 Juni 2018 10:32 WIB
pilkada 2018
Serangan Fajar Dilaporkan Terjadi di Beberapa Daerah
Pemberian uang. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Semarang:Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan menerima laporan sementara pantauan Pilkada 2018 di 171 daerah. Sejauh ini, ada banyak laporan tentang 'serangan fajar' atau politik uang.

"Kalau laporan temuan, soal dugaan money politicada di beberapa daerah," kata Abhan di TPS 6 Singotoro, Semarang, Jawa Tengah, Rabu, 27 Juni 2018.


Meski tak merinci seberapa banyak, ia tak kaget dengan laporan-laporan itu. Namun, hal tersebut perlu dibuktikan terlebih dahulu. Apalagi, pelaporan serupa terjadi hampir merata.

"Di Lampung juga ada, kemudian juga di Sulawesi juga ada, jadi hampir di (semua) daerah," imbuh Abhan.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai kondisi seperti ini tak perlu dikhawatirkan. Bawaslu, kata dia, pasti akan menindaklanjuti laporan-laporan itu. Penegak Hukum Terpadu (Gakumdu) pun akan membuktikan laporan.

Baca:Polri Tingkatkan Pengamanan 8 Daerah Rawan Konflik Pilkada

"Secara prinsip pemerintah yang sudah berpengalaman 2015-2017 kemarin meyakini KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu sudah sangat-sangat profesional," kata Tjahjo.

Menurut dia, tak ada keberpihakan dari penyelenggara pemilu terkait hal ini. Namun, bila suhu memanas, Tjahjo menganggap hal itu wajar dan tak berkaitan dengan netralitas KPU dan Bawaslu. Hal ini terjadi karena Pilkada 2018 berdekatan dengan Pilpres 2019.

"Jangan curiga, yakinlah dengan KPU dan Bawaslu," ungkap Tjahjo.






(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id