Edy Rahmayadi Jamin Pelihara Warisan Budaya Sumut
Pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi dan Musa Rajeckshah. Foto: MI/Puji Santoso
Medan: Pemeliharaan warisan budaya menjadi salah satu prioritas pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara nomor urut 1, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Menurutnya, warisan budaya bakal menjadi sebuah penyemangat untuk generasi penerus. 

"Seperti kata Bung Karno, 'Jasmerah', jangan sekali-kali melupakan sejarah. Inilah sejarah. warisan sejarah kita," kata Edy Rahmayadi dalam debat Publik Kedua Pilkada Sumatera Utara 2018 di Hotel Adi Mulia, Jalan Diponegoro, Medan, Sabtu, 12 Mei 2018.


Menurut dia, banyak warisan-warisan budaya yang ada di Sumut yang perlu kepedulian oleh pemerintah, khususnya gubernur. Ia pun membeberkan sejumlah warisan budaya Sumut yang perlu dipelihara, seperti Kesawan, Rumah Tjong A Fie, dan Istana Maimun. 

"Bangunan-bangunan itu menunjukan bahwa kebesaran, beragam sejarah budaya yang ada di Sumut," tegas dia. 

Selain itu, tokoh-tokoh adat yang ada juga akan diajak duduk bersama kembali untuk membesarkan sejarah Sumut. Sehingga, nantinya, generasi penerus juga mengetahui sejarah budaya Sumut.

"Memang benar adanya ini harus kita pelihara untuk penyemangat anak dan cucu kita ke depan. Itu dianggarkan. Kehadiran pemerintah ke situ, kalau Pak Jokowi, ya jelas, dengan mengganggarkan dari APBD. Direncakanan, dipromosikan, sehingga jadi objek selaras Sumut yang ktia cintai sebagai ilmu dan semua khususnya. Ini gambaran besar Sumut," tandas Edy.



(DMR)