Megawati Bakal Umumkan Gus Ipul-Puti Guntur di HUT PDIP
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri/ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Jakarta: PDI Perjuangan memilih Puti Guntur Soekarno mendampingi Saifullah Yusuf alias Gus Ipul pada Pilkada Jawa Timur 2018. Pengumuman akan disampaikan langsung oleh Megawati Soekarno Putri di HUT ke-45 PDI Perjuangan.  

Ketua Bappilu PDI Perjuangan Bambang DH menyebut keduanya sudah mengambil surat rekomendasi keputusan dari DPP PDIP pagi tadi di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. 


"Iya (ngambil SK di DPP Lenteng Agung). Nanti biar Ibu saja yang langsung mengumumkan," kata Bambang kepada wartawan, Rabu, 10 Januari 2018.

Sebelumnya, sejumlah nama beredar bakal mendampingi Gus Ipul sebagai pengganti Abdullah Azwar Anas yang mengundurkan diri. Seperti, Wasekjen PDI Perjuangan Ahmad Basarah, Bupati Ngawi Budi Sulistiono, dan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Sri Untari.

(Baca juga: Puti Guntur Soekarno Dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim)

Puti Guntur bukan nama asing di lingkungan PDI Perjuangan. Cucu sang proklamator itu kini menjabat sebagai anggota dewan yang duduk di Komisi X DPR. Dengan ini total kursi dukungan yang dikantongi Gus Ipul sebesar 45 kursi. Jumlah itu berasal dari PKB 20 kursi, PDIP 19 kursi, dan PKS 6 kursi.

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan akan menyiapkan seremoni saat pengumuman resmi bakal pasangan calon pemimpin di Jawa Timur. PDI Perjuangan hanya tinggal merilis nama pendamping bakal Cagub Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.   

"PDIP ini bukan partai yang sembunyi-sembunyi. Kami ini partai politik yang ketika mengumumkan itu dengan upacara, dengan khidmat," kata Hasto saat ditemui di kediaman Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Senin, 8 Januari 2018. 







(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id