Warga yang tergabung dalam Masyarakat Pendukung Demokrasi beraksi unjuk rasa di Gladak, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warga yang tergabung dalam Masyarakat Pendukung Demokrasi beraksi unjuk rasa di Gladak, Solo, Jawa Tengah, Rabu, 5 Agustus 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha

KPU Ingatkan Penyelenggara Pilkada Bekerja Sesuai Rambu

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Fachri Audhia Hafiez • 10 November 2020 13:32
Jakarta: Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy'ari meminta penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 bekerja sesuai rambu-rambu aturan. Dengan begitu, mereka tidak menyalahi kewenangan sebagai penyelenggara perta demokrasi di 270 wilayah.
 
"Bekerja sesuai dengan tugas," kata Hasyim dalam webinar Pembekalan Pilkada Berintegritas 2020, Selasa, 10 November 2020.
 
Menurut dia, bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan kode etik bagian dari menegakkan asas akuntabilitas penyelenggara pilkada. Dia ingin penyelenggara di daerah menjadikan hal itu jadi pedoman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bekerja dengan penuh tanggung jawab. Dasarnya itu," ucap Hasyim.
 
Baca: Khawatir Timbulkan Masalah, KPU Diusulkan Tak Gunakan Sirekap
 
Penyelenggara juga diharapkan mampu mempertanggungjawabkan perbuatannya bila terlibat pelanggaran. Masyarakat diimbau tak segan melapor bila ditemukan penyelewengan dari penyelenggara pilkada.
 
Pelanggaran akan diproses melalui lembaga pengawas, seperti Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Kasus juga bisa dibawa ke pengadilan tata usaha negara (PTUN) atau peradilan pidana
 
"Itu semua dalam rangka agar segala macam kebijakan serta perilaku para penyelenggara pemilu itu dapat dipertanggungjawabkan," ucap Hasyim.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif