Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pilkada Beri Harapan Tekan Penyebaran Covid-19

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Candra Yuri Nuralam • 01 Agustus 2020 09:03
Jakarta: Pasangan calon diminta berkampanye dengan tema penanganan wabah virus korona (covid-19) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Tema itu diharap bisa memberikan cara ampuh untuk menanggulangi masalah pandemi di Indonesia.
 
“Ini momentum emas dalam rangka menurunkan penyebaran covid-19,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian di Jakarta, Sabtu, 1 Juli 2020.
 
Tito mengatakan para calon bisa saling adu argumen untuk memberi solusi penanganan wabah virus korona. Masyarakat pun bisa ikut menilai strategi calon mana yang paling ampuh untuk menanggulangi masalah wabah di daerahnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Koordinator Nasional Jaringan Islam Kebangsaan (JIK) Irfaan Sanoesi mengapresiasi rencana Tito. Dia menilai adu gagasan lawan virus korona hal yang paling utama dipikirkan para calon saat ini.
 
"Patut didukung bersama karena akan memacu daerah-daerah all out untuk menekan penyebaran covid-19," ujar Irfaan.
 
Menurut dia, pemerintah daerah harus siap membantu pemerintah pusat untuk menangani wabah ini. Calon terpilih pada Pilkada 2020 harus siap 'bertarung' melawan korona usai menjabat.
 
Baca: Pilkada 2020 Usung Tema Gerakan Lawan Covid-19
 
“Para kontestan mesti pandai memetakan problematika di daerah dengan permasalahan yang terjadi saat ini, mengintegrasikan persoalan ekonomi dengan kondisi kesehatan masyarakat di tengah pandemi. Dengan begitu, mereka akan memacu kreativitas merebut suara publik,” ujar Irfaan.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif