Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, bersama keluarg ziarah ke makam pejuang pendiri Tangerang Raden Aria Wangsakara di Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Jumat, 7 Agustus 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, bersama keluarg ziarah ke makam pejuang pendiri Tangerang Raden Aria Wangsakara di Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Jumat, 7 Agustus 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Cawalkot Tangsel Nur Azizah Mengaku Keturunan Pendiri Kota Tangerang

Pilkada ziarah
Hendrik Simorangkir • 07 Agustus 2020 17:19
Tangerang: Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, ziarah ke makam pejuang pendiri Tangerang, Raden Aria Wangsakara, di Desa Lengkong Kulon, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. Kedatangan orang nomor dua di Indonesia itu turut didampingi oleh keluarganya.
 
"Ini buyut saya, pendiri Tangerang. Pangeran Aria Wangsakara. Kami ke sini tentunya untuk berziarah, berdoa, dan tahlil bersama Abah (Ma'ruf Amin) dan Ibu," kata putri Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizah, yang ikut mendampinginya, Jumat, 7 Agustus 2020.
 
Baca: Wapres: Pemanfaatan Keuangan Syariah Baru 8,5%

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Azizah mengatakan berdasarkan rekam jejak dan sejarah perjuangan Raden Aria Wangsakara di masa penjajahan Belanda, pihaknya pun akan mendorong agar leluhurnya tersebut tercatat sebagai salah satu pahlawan nasional. Azizah menganggap leluhurnya itu telah banyak berjasa melawan penjajahan Belanda pada masa kolonial.
 
"Kita akan mendorong (menjadi pahlawan nasional), karena beliau berjuang melawan penjajahan di Tangerang pada zaman VOC (Belanda). Terlebih beliau juga sebagai pendiri Tangerang dan Bupati pertama Tangerang," jelas Azizah.
 
Sementara Wakil Ketua Bidang Sejarah Balai Adat Keariaan Tangerang, Tubagus Nurfadil, menuturkan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memiliki garis keturunan langsung dari Ayah maupun Ibunya dengan Bupati Tangerang pertama tersebut.
 
"Kalau silsilah garis ibunya itu nyambung ke silsilah garis keluarga Tanara, termasuk kerabat dari pada Sanawi Tanara. Nah beliau (Ma'ruf Amin) keluarga dari garis ayahnya beliau (Samawi Tanara). Nanti ada lagi dari garis nenek buyutnya dan bersambung kepada Aria Wangsakara, yang merupakan tokoh Tangerang dan beliau sebagai imam kesultanan Banten," jelas Tubagus.
 
Seperti diketahui, putri Wapres Ma'ruf Amin, Siti Nur Azizahadalah kandidat yang tengah mencalonkan diri sebagai calon wali kota Tangsel.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif