KPU Sediakan Empat TPS di Lapas Lowokwaru Malang
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menggelar sosialisasi kepada para warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih di Aula Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Senin 25 Juni 2018.
Malang:Sebanyak 449 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas I Lowokwaru Malang dipastikan ikut mencoblos pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada 27 Juni 2018 mendatang. 

Oleh karena itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang menggelar sosialisasi kepada para warga binaan yang terdaftar sebagai pemilih di Aula Lapas Klas I Lowokwaru Malang, Senin, 25 Juni 2018.


Komisioner KPU Kota Malang Divisi Sosialisasi, Ashari Husein mengatakan  pihaknya menyediakan empat tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas Lowokwaru. Yakni TPS 43, 44, 45, dan 46 pada Kelurahan Bunul.

"Sebenarnya ada dua ribu lebih warga binaan, namun berdasarkan aturan baru KPU yakni yang memiliki hak pilih hanya warga binaan yang memiliki NIK (nomor induk kependudukan) saja, yakni 449 yang terdaftar," katanya, Selasa 26 Juni 2018.

Ashari menambahkan tidak ada perbedaan antara pemilih biasa dengan pemilih warga binaan. Bagi warga binaan yang bukan warga Malang, masih tetap bisa menggunakan hak suaranya dengan menunjukkan KTP.

"Tidak ada perbedaan, status dan hak warga binaan sama dengan warga biasa di luar lapas. Bagi warga binaan yang bukan warga Malang, keluarganya bisa menguruskan surat pindah pilih," ujarnya.

Selain Lapas Lowokwaru, Ashari mengungkapkan juga terdapat warga binaan di Lapas Wanita Sukun Malang yang terdaftar sebagai pemilih. Sosialisasi serupa juga dilakukan di lapas wanita tersebut.

"Di lapas wanita ada 41 pemilih dari jumlah warga binaan yang lebih dari 500 orang," pungkasnya.



(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id