Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Masker Jadi Atribut Kampanye Paling Digandrungi

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 06 Oktober 2020 21:44
Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat metode penyebaran bahan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 telah dilakukan di 169 kabupaten kota atau 62 persen. Sedangkan 103 kabupaten kota atau 38 persen belum melakukan metode kampanye tersebut.
 
Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin mengatakan penggunaan bahan kampanye yang paling diminati calon kepala daerah (cakada) ialah masker. Instrumen protokol kesehatan itu memiliki gambar atau corak yang identik dengan salah satu cakada.
 
"Bahan kampanye yang paling banyak adalah masker di 159 kabupaten kota," kata Anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin dalam keterangan tertulis, Selasa, 6 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Afif menyebut tingginya penggunaan masker berkorelasi dengan tingginya pelaksanaan kampanye secara tatap muka. Masker dibagikan saat kampanye berlangsung.
 
Baca: Bawaslu Catat Baru 39 Kabupaten/Kota Taat Kampanye Daring
 
Selain masker, pengunaan stiker masih diminati oleh cakada. Tercatat penggunaan stiker sebagai kampanye dilakukan di 121 kabupaten kota.
 
Kemudian disusul dengan metode kampanye melalui pakaian di 49 kabupaten kota, pembersih tangan di 21 kabupaten kota, penutup kepala di 19 kabupaten kota, alat makan atau minum di 10 kabupaten kota, sarung tangan di lima kabupaten kota, dan pelindung wajah di lima kabupaten kota.
 
Afif meminta protokol kesehatan dengan menjaga jarak tetap diterapkan saat membagikan bahan kampanye tersebut. "Pemberian bahan kampanye itu memungkinkan orang bertemu antarmuka dan bersentuhan tangan," kata dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif