Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Visi Misi Cakada Harus Berpedoman pada Pancasila

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Theofilus Ifan Sucipto • 19 Oktober 2020 11:18
Jakarta: Visi misi calon kepala daerah (cakada) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 harus berpedoman pada Pancasila. Seluruh rencana pembangunan daerah juga harus mengacu pada visi misi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Integrasi visi misi tersebut penting untuk menjamin kesinambungan antara pembangunan nasional dengan daerah dan mewujudkan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera," kata Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangan tertulis, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Bamsoet mengatakan visi dan misi yang diusung cakada akan lebih menantang. Sebab, mereka juga harus memikirkan strategi untuk memutus mata rantai covid-19 di daerah masing-masing.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politikus Partai Golkar itu meyakini kepala daerah yang berkualitas lahir dari penyelenggaraan pilkada yang berkualitas. Ada sejumlah indikator yang menentukan kesuksesan pesta demokrasi, seperti kompetensi, netralitas, dan akuntabilitas penyelenggara pilkada serta minimnya pelanggaran dan kecurangan.
 
"Juga tingkat partisipasi publik yang tinggi serta penyelesaian sengketa pilkada yang transparan dan adil," ujar Bamsoet.
 
Baca: Paslon Dilarang Bawa Massa Pendukung pada Debat Publik
 
Bamsoet juga mengingatkan masih tingginya kasus covid-19 di Indonesia. Penyelenggara pilkada diminta mengantisipasi lonjakan dan klaster baru.
 
"Khususnya para kandidat yang maju dalam pemilihan agar disiplin dalam penerapan protokol kesehatan," tegas dia.
 
Penyelenggara pilkada, kata Bamsoet, juga perlu mewaspadai kerawanan lain. Misalnya keterbatasan dukungan sumber daya hingga kesenjangan literasi teknologi.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif