Ilustrasi DPR. Medcom.id
Ilustrasi DPR. Medcom.id

Tingkat Partisipasi Pemilih Tergantung Penanganan Pandemi

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Anggi Tondi Martaon • 18 November 2020 18:44
Jakarta: Penanganan covid-19 diminta dilaksanakan serius. Hal ini untuk menjaga tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020.
 
"Jika keseriusan dalam penanganan wabah ini tidak dilakukan, bukan tidak mungkin pemilih juga sangsi atau ragu datang ke TPS, bukan tidak mungkin," kata anggota Komisi II DPR Nasir Djamil di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 18 November 2020.
 
Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu mengingatkan target partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 mencapai 77,5 persen. Pencapaian target partisipasi pemilih bukan hanya tugas penyelenggara pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemerintah juga harus ikut berkontribusi menyukseskan Pilkada. "Pandangan saya Pilkada ini sangat tergantung atau bergantung pada kinerja pemerintah dalam menangani pandemi ini," ujar dia.
 
(Baca: Politik Uang dan Rendahnya Partisipasi Pemilih Membayangi Pilkada Tangsel)
 
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan pemerintah menaruh perhatian penuh terhadap penyelenggaraan Pilkada 2020. Eksekutif bakal menggelar rapat koordinasi dengan pihak terkait dalam waktu dekat.
 
Rapat untuk memastikan penyelenggaraan tahapan pilkada menerapkan protokol kesehatan.
"Menekankan kembali tentang konsistensi kita untuk menjaga agar protokol covid-19 maupun konflik-konflik yang berpotensi itu dapat dicegah," kata Tito dalam raker bersama Komisi II DPR secara virtual, Rabu, 18 November 2020.
 
Pemerintah juga akan memasifkan sosialisasi menjelang pemungutan suara. Upaya ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menyalurkan hak konstitusi mereka pada 9 Desember 2020.
 
"Mari kita sama-sama menggalakan kampanye untuk mendorong masyarakat menggunakan hak pilih hadir di TPS," ujar dia.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif