KPU: Pemilihan Calon Tunggal Tetap Pencoblosan
Antara Foto
medcom.id, Jakarta:Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak akan mengubah tata cara pemilihan bagi calon tunggal dalam pilkada serentak 2015. Pemilihan akan tetap dengan cara mencoblos.

"Pada dasarnya orang itu dimintai persetujuan adalah untuk memilih. Cara memilih kita standar adalah coblos," kata Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay, di kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (30/9/2015).


Hadar mengatakan, KPU akan mempelajari putusan yang dikeluarkan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait calon tunggal. Sejauh ini, ia yakin putusan tersebut tak akan mengubah tata cara pemilihan calon kepala daerah.

"Maknanya kan adalah memilih pasangan calon, hanya pasangan calonnya satu. Detilnya kami harus pelajari lebih jauh. Tapi perkiraan kami tidak ada masalah," kata dia.

Jika pasangan calon lebih dari satu, di surat suara akan terpampang nama dan wajah pasangan calon. Untuk calon tunggal, KPU belum memastikan teknis di surat suara.

"Pokoknya dicoblos, di mananya apakah di atasnya? Ada pertanyaan 'apakah pemilih setuju pasangan calon ini menjadi kepala daerah?' Itu kan tidak akan terlalu rumit," ujar Hadar.



(TRK)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id