10 Kepala Daerah Baru Versi Hitung Cepat LSI
Ilustrasi Pilkada 2018 - Medcom.id.
Jakarta: Sepuluh pasangan calon gubernur di 10 provinsi telah ditetapkan sebagai pemenang Pilgub versi hitung cepat di wilayahnya masing-masing oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA. Kesepuluh pasangan cagub dan cawagub itu dinyatakan menang setelah LSI merekap seluruh hasil akhir hitung cepatnya.

"Saya ucapkan datangnya 10 gubernur baru versi hitung cepat," kata Pimpinan LSI Denny JA di kantornya, Jakarta, Rabu, 27 Juni 2018.


Ke-10 Cagub dan Cawagub yang dinyatakan menang versi hitung cepat LSI yakni Cagub dan Cawagub Sumatera Utara Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Pasangan yang diusung oleh Partai Golkar, NasDem, PKS, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan PAN ini memperoleh suara sebanyak 57,90 persen.

Kedua, Cagub dan Cawagub Jawa Tengah Ganjar Pranowo-Taj Yasin. pasangan yang diusung PDIP, PPP, NasDem, Golkar, dan Demokrat ini menang dengan perolehan suara sebanyak 57,80 persen.

Ketiga, Cagub dan Cawagub Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman. Pasangan yang diusung oleh PDIP, PAN, PKS, dan PSI itu menang dengan memperoleh 42,25 persen suara.

Keempat, Cagub dan Cawagub Kalimantan Barat Sutarmidji-Ria Norsan. Pasangan yang diusung oleh Partai NasDem, Golkar, PKB, PKS, dan PPP ini memperoleh suara sebanyak 57,27 persen.

Kelima, Cagub dan Cawagub Maluku Murad Ismail-Barnabas Orno. Pasangan yang diusung partai NasDem, PAN, PPP, PKPI, PKB, Hanura, Gerindra, dan PDIP.

Keenam, Cagub dan Cawagub Jawa Barat Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Pasangan yang diusung Partai NasDem, PKB, PPP, dan Partai Hanura ini mengungguli lawan-lawannya dengan memperoleh 32,89 persen suara.

Ketujuh, Cagub dan Cawagub Nusa Tenggara Barat Zulkiflimansyah-Sitti Rohmi. Pasangan yang diusung Partai Demokrat dan PKS ini menang dengan perolehan suara sebanyak 30,68 persen.

Kedelapan, Cagub dan Cawagub Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa-Emil Listianto Dardak. Pasangan yang diusung Partai Golkar, Demokrat, PAN, NasDem, PPP, dan Hanura ini menang dengan perolehan suara sebanyak 54,29 persen.

Kesembilan, Cagub dan Cawagub Kalimantan Timur Isran Noor-Hadi Mulyadi. Pasangan yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PAN ini menang dengan perolehan suara sebanyak 31,37 persen.

Terakhir, Cagub dan Cawagub Sumatera Selatan Herman Deru-Mawardi Yahya. Pasangan yang diusung Partai NasDem, PAN, dan Hanura ini memperoleh suara sebanyak 35,43 persen.

"Insyaallah akurasinya tepat, itu bisa jadi record resmi dan bisa dibandingkan dengan hasil KPU," ujar Denny JA.

Meski begitu, Denny JA menegaskan hasil akhir ditentukan oleh perhitungan suara resmi dari KPUD. "Bahwa nanti yang berlaku tetap pengumuman KPUD, karena otoritas KPUD, dan LSI Denny JA tidak berhak mengambilnya," pungkas dia. 

 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id