Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala BNPB Letjen Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Publik Diharap Pilih Cakada Berstrategi Moncer Lawan Covid-19

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 01 Oktober 2020 18:36
Jakarta: Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 momentum masyarakat mencari pemimpin yang mumpuni. Salah satu yang perlu disorot yakni soal strategi penanganan pandemi virus korona.
 
"Mana calon yang memiliki kualifikasi sangat mumpuni dalam masa pandemi ini untuk menciptakan masyarakat keluar dari kesulitan," ujar Doni dalam diskusi virtual, Kamis, 1 Oktober 2020.
 
Menurut dia, masyarakat harus mengetahui secara pasti rekam jejak calon kepala daerah (cakada) yang akan dipilih. Hal ini penting apabila cakada itu seorang petahana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, Doni berharap kerumunan saat pendaftaran cakada pada Jumat hingga Minggu, 4-6 September 2020, tidak terulang. Masalah ini perlu diselesaikan dengan sosialisasi yang masif ihwal protokol kesehatan.
 
"Setelah sosialisasi masif melibatkan segenap komponen baik komponen pemerintah, termasuk partai politik dan tokoh-tokoh di daerah, kita harapkan proses pilkada bisa berjalan lebih baik lagi," tutur dia.
 
Baca: Mendagri Ultimatum Pjs dan Plt Kepala Daerah Wajib Netral
 
Untuk itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu meminta keterlibatan seluruh pihak untuk mencegah kerumunan massa pada setiap tahapan pilkada. Kontribusi media massa dinilai penting untuk menyosialisasikan protokol kesehatan.
 
"Kami yakin salah satu upaya sosialisasi kita yang melibatkan media menjadi langkah strategis. Bagaimana terjaminnya pilkada yang aman dan sehat," jelas dia.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif