Warga berbincang dengan Calon Wali Kota Solo dari Partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka melalui virtual box, Minggu, 27 September 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha
Warga berbincang dengan Calon Wali Kota Solo dari Partai PDI Perjuangan Gibran Rakabuming Raka melalui virtual box, Minggu, 27 September 2020. Foto: Antara/Mohammad Ayudha

Kampanye di Medsos Dipantau Ketat

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Kautsar Widya Prabowo • 28 September 2020 13:17
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus memantau pelaksanaan kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 secara daring. Pemantauan dilakukan bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
 
"Sekarang sedang berkoordinasi bagaimana kampanye di media sosial (medsos) bisa berjalan dengan baik," ujar Komisioner KPU I Dewa Raka Sandi kepada Medcom.id, Senin, 28 September 2020.
 
Dewa menyebut pasangan calon (paslon) telah mendaftarkan akun media sosialnya kepada KPU di daerah penyelenggara pilkada. Akun media sosial ini juga diberitahukan kepada Bawaslu hingga kepolisian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"KPU berharap semua pihak taati aturan kampanye dan protokol kesehatan," tutur dia.
 
Mantan Ketua KPU Provinsi Bali itu mendorong peserta Pilkada 2020 dapat memanfaatkan semakimal mungkin media sosial untuk berkampanye. Namun, dia tidak memungkiri beberapa daerah sulit berkampanye secara virtual.

"Bagi daerah yang tidak memungkinkan itu tentu dia masih bisa melakukan kampanye tatap muka yang sudah diatur peraturan KPU (PKPU), menerapkan protokol kesehatan," imbuh dia.
 
Baca: 8 Paslon Langgar Protokol Kesehatan pada Hari Pertama Kampanye
 
Pilkada 2020 digelar di 270 daerah yang meliputi 9 pemilihan gubernur (pilgub), 224 pemilihan bupati (pilbup), dan 37 pemilihan wali kota (pilwalkot). Total 698 pasangan bertarung di Pilkada 2020: 24 pasangan mengikuti pilgub, 579 di pilbup, dan 95 di pilwalkot.
 
Peserta pilkada serentak diberi kesempatan berkampanye dari Sabtu, 26 September 2020, hingga Sabtu, 5 Desember 2020. Pemungutan suara berlangsung Rabu, 9 Desember 2020, dengan protokol kesehatan pencegahan covid-19 yang ketat.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif