Tak Sempat Pulang, Warga Jateng Diminta Urus Formulir A5

Budi Arista Romadhoni 26 Juni 2018 17:16 WIB
pilgub jateng 2018
Tak Sempat Pulang, Warga Jateng Diminta Urus Formulir A5
Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo (kedua dari kanan) di Gets Hotel Semarang, Selasa 26 Juni 2018--Medcom.id/Budi Arista
Semarang: Memasuki H-1 Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur Jawa Tengah, KPU jateng memberikan fasilitas kepada warga Jateng untuk tetap memberikan suaranya. Meski tidak bisa datang ke TPS sesuai domisili. 

Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan warga yang tidak bisa pulang bisa mengambil formulir A5 di KPU setempat. 


"Pemilih yang pindah harus menggunakan A5 yang bisa diambil di KPU Kab/Kota setempat. Saya sudah bilang BEM untuk ke KPU setempat," kata Joko usai dialog bersama di Gets Hotel Semarang, Selasa, 26 Juni 2018. 

Seharusnya, H-3 warga yang tidak berada di luar kota harus sudah lapor. Namun, saat ini pendaftaran  formulir A5 masih dibuka. "Kalau pasca-hari H pencoblosan surat suara sudah habis, maka silahkan ke KPU lagi akan dicarikan TPS yang lain," terangnya. 

Baca: KPU Jateng Periksa Ulang DPT

Joko megungkapkan, para pemilih yang pindah TPS bisa menyalurkan hak suaranya setelah pukul 12.00 WIB. "Bagi mahasiswa yang di Jogja, bisa ke KPU terdekat seperti di Klaten atau di Magelang," ujarnya. 

Dia memastikan, KPU Kabupaten atau Kota masih melayani pendaftaran untuk mendapatkan formulir A5 dengan syarat sudah memiliki KTP Elektronik dan beralamatkan di Jawa Tengah. 

"H-1 sampai hari ini masih dilayani untuk pendaftaran Formulir A5, KPU KPPS akan berkoordinasi dimana logistik yang bisa digunakan. Kemudian target partisipasi pemilih kita bisa mencapai 77,5 persen," ucapnya. 

Semantara itu Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah, Rukma Setyabudi mengungkapkan, semua warga Jawa Tengah yang sudah memiliki hak suara bisa tetap nyoblos. 

"Masyarakat harus menjadi pemilih yang cerdas, dan sadar bahwa hak suaranya memberikan pengaruh luar biasa untuk masa depan bangsa," ungkapnya. 




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id