TB Hasanuddin Sambangi Nelayan Cirebon
Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin (tengah) saat mengunjungi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon. Foto: Istimewa
Cirebon:Calon Gubernur Jawa Barat, TB Hasanuddin menyambangi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Bandengan, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kedatangan TB Hasanuddin untuk menemui para nelayan. 

Bersama para nelayan, TB Hasanuddin mendiskusikan permasalah izin tangkap ikan, hingga sarana dan prasarana yang dibutuhkan para nelayan untuk melaut. Di kesempatan itu, pria yang akrab disapa Kang Hasan itu menyampaikan kesanggupannya untuk memenuhi kebutuhan nelayan di Jawa Barat.


"Pemimpin itu ditugasi untuk melayani rakyat, dan apa saja harus dilakukan selama itu hak rakyat, dan Nelayan ini harus difasilitasi oleh negara apa yang menjadi kebutuhannya," kata Hasanuddin dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Sabtu 21 April 2018. 

Untuk mendukung kebutuhan dan mewujudkan kemakmuran nelayan di Jawa Barat khususnya Kabupaten Cirebon, Hasanuddin memiliki program yang ia sebut Jabar Seubeuh. Melalui program ini para nelayan bakal diberikan subsidi dan keringanan dalam memiliki alat tangkap. 

Selain itu, sejalan dengan program Nawacita Presiden Joko Widodo, Hasanuddin juga berjanji akan memberikan asuransi kepada para nelayan, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan saat melaut. Sementara untuk menjaga stabilitas harga pihaknya akan menyediakan cold storage pada beberapa TPI di Jabar.

"Asuransi ini bukan pengganti nyawa, karena nyawa tak terhitung harganya, tetapi setidaknya, kalau kehilangan keluarga, ada Tombo ati," ungkapnya. 

Koordinator Nelayan, Saiman mengatakan program yang disampaikan Hasanuddin merupakan kebutuhan dan solusi yang diinginkan oleh para nelayan di Cirebon. Saiman berharap program itu akan dijalankan Hasanuddin jika ia terpilih sebagai Gubernur Jawa Barat.

"Kepada Kang Hasan, kami sekuat tenaga akan mendukung Hasanah memang di Jabar, dan tolong ketika masyarakat mengeluh, tetap disambut dengan baik seperti ini," pungkasnya.

Selain Jabar Seubeuh, Hasanuddin juga menyampaikan 7 program unggulan lainnya yang akan digulirkan bersama pasangannya Anton Charliyan (Kang Anton). Diantaranya Bogagawe, Jabar Cageur, Imah Rempeg, Sakolagratis, Turkamling dan Budaya serta Molototcom.



(DMR)