Ridwan Kamil Dukung Pemekaran Jampang di Sukabumi Selatan
Ridwan Kamil saat berdiskusi bersama warga Jampang terkait pemekaran di Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat, 8 Juni 2018.
Jampang:Kandidat Gubernur Jabar nomor urut 1 Ridwan Kamil mendukung pemekaran wilayah Jampang yang berada di Kabupaten Sukabumi bagian selatan. Pemekaran wilayah Jampang dinilai sangat mendesak karena akan mampu meningkatkan akses pelayanan kepada masyarakat. 

Pria yang akrab disapa Emil ini menyatakan hal tersebut usai menerima dukungan dari Forum Komunikasi Daerah CDOB (Calon Daerah Otonomi Baru) Jampang, Sukabumi Selatan, di Tegal Buleud, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 8 Juni 2018. Berbagai keluhan diungkapkan masyarakat Jampang selama ini terutama mengenai layanan dari Pemkab Sukabumi.


Menurut Ketua Forkonda CDOB Jampang Dede Surahman menyatakan, kehadiran Emil yang datang ke Jampang membuka asa masyarakat untuk memperjuangkan pemekaran. Pasalnya selama ini belum ada kepala daerah atau calon kepala daerah yang datang ke Jampang dan berkomitmen untuk mendukung pemekaran.

"Kami berharap, jika Pak Ridwan menjadi gubernur akan membawa perubahan dan kemajuan bagi Jabar, terutama juga karena beliau mau memperjuangkan pemekaran Jampang," ujar Dede. 

Hal serupa diungkapkan Effendi, tokoh masyarakat setempat yang sangat mendorong Emil untuk berkomitmen memperjuangkan pemekaran Jampang dengan cara melakukan lobi politik agar moratorium dari pemerintah pusat dicabut.

"Kami berharap Kang Emil jadi gubernur, dalam enam bulan masa kerja berikutnya,  wilayah Jampang minta diprioritaskan," imbuh Effendi. 

Menanggapi hal itu, Emil mengaku sudah mencatat semua keluhan warga di Jampang. Emil pun bertekad untuk memperjuangkan pemekaran bagi Jampang guna mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga warga tenang dan mendapatkan kemudahan. 

"Saya catat masalah warga, makanya  saya akan perjuangkan Jampang mekar," seru Emil ditempat yang sama.

Menurut dia, di Jampang sistem infrastruktur dan pelayanan publik yang terlalu jauh, menyebabkan warga harus keluar ongkos lebih mahal. Inilah yang melandasi perjuangan pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) jika memenangkan Pilgub Jabar 2018 ini.

"Pemekaran adalah solusi untuk mengejar keterrtinggalan pembangunan di Jabar selatan dan tercapainya keadilan sosial," tutur Emil.

Pencabutan moratorium pun akan menjadi janji politik Emil kepada calon presiden 2019 ini jika ia menjadi gubernur Jabar. Bahkan ia akan mengajak masyarakat Jampang untuk melakukan kontrak politik tersebut dengan capres siapapun yang menyanggupinya.

"Nanti siapa saja capresnya yang ingin dukungan dari masyarakat Jawa Barat khususnya Jampang ini, maka dia harus mau kontrak politik untuk mencabut moratorium itu agar terciptanya pemekaran," pungkasnya.



(ALB)