Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Calon Kepala Daerah Diminta Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020 Protokol Covid-19 protokol kesehatan
Anggi Tondi Martaon • 22 Oktober 2020 23:33
Jakarta: Pelanggaran protokol kesehatan (prokes) calon kepala daerah (cakada) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 tak boleh dibiarkan meningkat. Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustofa mengapresiasi cakada yang berkomitmen menerapkan hal tersebut.
 
"Kami mengapresiasi cakada yang bukan hanya menaati prokes selama masa kampanye ini namun juga mengajak masyarakat untuk menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari," kata saat dihubungi, Kamis, 20 Oktober 2020.
 
Politikus NasDem itu menyebut komitmen cakada sangat penting memastikan Pilkada 2020 aman dari korona. Saan meminta cakada yang belum menaati protokol kesehatan ditindak sesuai ketentuan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cakada yang terbukti abai dan melanggar ketentuan kampanye harus mendapatkan saksi tegas," ungkap dia.
 
Dia juga mendorong Badan Pengawas Pemilu dan jajaran di daerah mengawal kampanye. Masyarakat diminta berperan aktif mengingatkan calon pemimpin di daerah agar tak abai.
 
Baca:Bawaslu Jabar Catat 119 Pelanggar Protokol Kesehatan, Kabupaten Bandung Terbanyak
 
"Ketaatan prokes selama pilkada ini sudah lebih baik ketimbang tahapan sebelumnya. Terus ditingkatkan supaya pilkada ini aman dari virus korona, sukses dan lancar dari sisi mutu demokrasi," tegasnya.
 
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi II Yaqut Cholil Qoumas mengkritik cakada yang mengesampingkan ketentuan kampanye. Dia meminta kampanye daring diutamakan sekaligus sosialisasi protokol kesehatan.
 
"Seharusnya cakada menggunakan momentum kampanye untuk ikut menyosialisasikan protokol kesehatan, sekaligus sebagai tanggung jawab terhadap masyarakat karena biar bagaimanapun, keselamatan masyarakat jauh lebih penting," kata dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif