Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, meninjau sumber air panas di Desa Kasimbar Barat, Parigi Moutong (Parimo). Dokumentasi/ istimewa
Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, meninjau sumber air panas di Desa Kasimbar Barat, Parigi Moutong (Parimo). Dokumentasi/ istimewa

Rusdy Ingin Berdayakan Masyarakat Melalui BUMDes

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Deny Irwanto • 06 Oktober 2020 23:10
Parigi: Calon Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng), Rusdy Mastura, menyebut sumber mata air panas di Desa Kasimbar Barat, Parigi Moutong (Parimo) bisa dioptimalkan. Pemanfaatan bisa dilakukan melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).
 
"Ini mesti dikelola BUMDes hasilnya bisa untuk desa. Pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat jadinya bisa juga menjadi sumber ekonomi masyarakat," kata Rusdy di Desa Kasimbar Barat, Kasimbar, Parigi Moutong, Selasa, 6 September 2020.
 
Baca: 10 Ribu Lebih Pemilih Ganda dan Meninggal di Surabaya Masuk DPS

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menjelaskan sumber mata air panas ini bisa dikelola dengan baik melalui BUMDes agar menjadi tempat pariwisata lokal. Di lokasi tersebut ada beberapa fasilitas yang bisa dimaksimalkan untuk kesehatan tubuh.
 
Menurutnya pemanfaatan bisa dimulai dari pemandian air panas untuk anak maupun dewasa. Sementara uap yang dihasilkan dapat ditampung dalam ruangan untuk sauna para pengunjung lainnya.
 
"Pemandian air panas di Desa Kasimbar Barat ini bisa nanti kalau dibikinkan tempat wisata. Untuk tempat berobat atau sauna yang bisa dikembangkan lebih modern lagi," jelas Rusdy.
 
Jika nantinya pariwisata tersebut tercipta, pengelola tinggal menentukan tarif yang ekonomis dan menjangkau semua kalangan.
 
Hal tersebut direspon positif oleh tokoh masyarakat Desa Kasimbar Barat, Sudirman H. Sahido. Dia menyebut semua rancangan yang dilontarkan Rusdy sesuai dengan potensi yang ada di Desa Kasimbar Barat ini.
 
Terutama pengelolaan sumber mata air panas menjadi kolam renang air panas dan tempat sauna yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.
 
"Barangkali nanti bisa direhab atau diperbaiki supaya jadi tempat usaha desa. Saya setuju dengan semua konsep yang ditawarkan Pak Rusdy terutama menyoal pengelolaan sumber air panas ini," imbuhnya.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif