Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Perempuan Dominasi DPT Pilbup Sumenep

Pilkada pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Rahmatullah • 16 Oktober 2020 13:29
Sumenep: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumenep, menetapkan 822.320 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Sumenep 2020. DPT tersebut didominasi pemilih perempuan.
 
"Kita mengikuti setiap tahapan itu mulai dari DPS. Kita itu juga melakukan uji publik ditingkat desa itu sebanyak 554 kali," ucap Komisioner KPU Kabupaten Sumenep Syaifurrahman, di Sumenep, Jawa Timur, Jumat, 16 Oktober 2020.
 
Ia mengatakan, penetapan itu telah melalui proses panjang sesuai dengan ketentuan. Kemudian, kata dia, bermuara dalam rapat pleno terbuka di tingkat kabupaten.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami juga menerima saran perbaikan dari Bawaslu beserta seluruh jajarannya. Itu semuanya kita tindak lanjuti dan ada juga tanggapan langsung dari masyarakat," imbuhnya.
 
Baca:976.019 Warga Tangsel Masuk DPT Pilkada
 
Ia menyebutkan, dari ratusan ribu DPT itu paling banyak ialah pemilih perempuan. Dengan rincian 388.634 laki-laki, sedangkan perempuan 433.686 orang.
 
"Dari jumlah DPT itu memang yang paling banyak pemilih perempuan dibanding dengan dengan pemilih laki-laki," jelasnya.
 
Syaifur menekankan, meski DPT telah ditetapkan namun bukan berarti tidak akan ada perubahan. Karena KPU masih akan mengumumkan ke publik untuk dikoreksi.
 
Pilbup Kabupaten Sumenep akan digelar pada 9 Desember 2020. Ada dua pasangan calon yang akan berebut suara pemilih, yaitu Achmad Fauzi-Dewi Khalifah dan Fattah Jasin-Ali Fikri.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif