Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

KPU Tindaklanjuti Rekomendasi Diskualifikasi Enam Petahana di Pilkada 2020

Pilkada kpu pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Antara • 22 Oktober 2020 22:19
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menindaklanjuti rekomendasi diskualifikasi enam petahana peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Pelaksana harian Ketua KPU, Ilham Saputra, mengatakan usulan diskualifikasi tak bisa sepenuhnya dikabulkan.
 
"Pegunungan Bintang tindak lanjutnya setelah dilakukan kajian tidak terbukti, Gorontalo, tindak lanjutnya setelah dilakukan kajian tidak terbukti, Halmahera Utara tindak lanjutnya setelah dilakukan kajian tidak terbukti," kata Ilham Saputra di Jakarta, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
KPU hanya mengabulkan diskualifikasi pada paslon di tiga daerah. Antara lain di Kabupaten Banggai, karena calon tidak memenuhi syarat penetapan calon. Kandidat tersebut mengajukan gugatan atas putusan KPU itu ke Pengadiilan Tinggi Tata Usaha Negara, gugatan mereka diterima.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:6 Paslon Pilkada 2020 Terancam Didiskualifikasi
 
"Ogan Ilir rekomendasi tak memenuhi syarat, paslon gugat ke Mahkamah Agung, sedangkan di Kaur, tindak lanjutnya setelah kajian tidak terbukti, untuk yang menggugat menunggu putusan," kata Ilham.
 
Sebelumnya Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Abhan merekomendasikan enam petahana untuk didiskualifikasi. Mereka dianggap melanggar aturan kampanye pilkada.
 
"Sudah beberapa daerah yang kami rekomendasikan untuk didiskualifikasi, terutama bagi petahana yang melakukan program pemerintah untuk kepentingan kampanye pasangan calon," kata Abhan, Rabu, 21 Oktober 2020.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif