(Ilustrasi) Pemilih selesai mencoblos di bilik suara TPS. Medcom.id/Kau
(Ilustrasi) Pemilih selesai mencoblos di bilik suara TPS. Medcom.id/Kau

TPS Rentan Jadi Tempat Penularan Covid-19

Pilkada Virus Korona pilkada serentak Pemilu Serentak 2020
Cindy • 05 Desember 2020 06:59
Jakarta: Pakar politik Centre For Strategic and International Studies (CSIS) Philip Vermonte menilai tempat pemungutan suara (TPS) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 rentan menjadi tempat penyebaran covid-19. Setiap individu yang datang ke TPS memiliki potensi menyebarkan virus.
 
"Banyak aktivitas tatap muka, mungkin kandidat bertemu dengan timnya. Lalu penyelenggara pemilu juga sama, mereka ada bimtek (bimbingan teknis)," ucap Philip kepada Medcom.id, Jumat, 4 November 2020.
 
Masyarakat, kata Philip, juga memiliki aktivitas sendiri sebelum datang ke TPS. Hal ini membuat TPS menjadi amat rentan sebagai pusat penyebaran covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai penyelenggaraan pilkada di tengah pandemi covid-19 riskan menjadi klaster covid-19. Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta tak terlalu optimistis dan mudah puas dengan protokol yang disiapkan.
 
"Beberapa waktu belakangan juga memperlihatkan persebaran yang banyak itu terjadi di berbagai tempat yang sebelumnya enggak ada klaster," ucap Philip.
 
Baca: Bawaslu Ingatkan KPU Segera Selesaikan Distribusi APD
 
Dia meminta KPU dan petugas TPS untuk memperkuat penerapan protokol kesehatan saat hari pencoblosan pada 9 Desember mendatang. Baik memastikan seluruh alat pelindung diri (APD) di 270 daerah tersedia, penyediaan alat pengukur suhu tubuh, penyediaan tempat cuci tangan, hingga memastikan pengawas bebas dari covid-19.
 
Pemilik hak suara harus terus diedukasi terkait aturan yang telah ditetapkan KPU pada hari pemungutan suara. Terutama soal penerapan 3M selama berada di TPS.
 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif