31 Tahanan Lapas Anak Tangerang Ikut Mencoblos
31 tahanan Lapas Anak Wanita Kelas II B Tangerang, menggunakan hak suaranya dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2018--Medcom.id/Hendrik Simorangkir.
Tangerang:Sebanyak 31 tahanan Lapas Anak Wanita Kelas II B Tangerang, menggunakan hak suara dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Tangerang 2018. Mereka mencoblos di TPS 65, di dalam lapas. 

"Jumlah pemilih sebenarnya 32, tapi satu sudah bebas," kata  Kepala Lapas Anak Wanita Kelas II B Tangerang Prihartati, Rabu, 27 Juni 2018.


Prihartati menjelaskan, awalnya pihak lapas mengajukan sebanyak 70 nama ke KPU Kota Tangerang untuk mengikuti Pilkada Kota Tangerang. Namun, yang lolos hanya 32 saja. Untuk total jumlah tahanan sendiri ada sebanyak 454. "Kita telah ajukan 70 dan hanya diverifikasi 32 dan satu sudah bebas," terangnya.

Pencoblosan sendiri berlangsung tidak lama, dimulai sejak pukul 07.30-08.00 WIB. Sebab, jumlah pemilih juga tidak banyak. 

Baca: KPU Diminta Perhatikan Hak Pilih Narapidana

Saat berlangsungnya pencoblosan, enam perwakilan delegasi negara, yaitu Australia, Timor Leste, Amerika, Srilanka, Filipina dan Thailand, berkunjung ke lapas tersebut untuk melihat proses pencoblosan yang digunakan untuk pembelajaran dan pengamatan bagi negaranya. 

"Mereka melihat pelaksanaan warga binaan ada berapa, dan kemudian seragam yang dipakai dan sosialisasi Pilkada ini apakah mereka diperbolehkan nonton televisi atau tidak, begitu," jelas Prihartati. 

Sementara itu, salah satu warga binaan yang enggan disebutkan namanya merasa senang karena dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada. Wanita berumur 23 tahun itu sendiri akan menjalani masa hukuman selama 5 tahun 2 bulan karena kasus narkoba. "Senang saja bisa ikut Pilkada walaupun lawannya cuma kotak kosong ya," pungkas wanita itu.




(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id