Syamsuar-Edy Sementara Unggul di Pilgub Riau
Calon Gubernur Riau Syamsuar Edy. Antara
Pekanbaru:Hasil penghitungan nyata atau real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menunjukkan pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018, Syamsuar-Edy Nasution unggul dengan perolehan 40,27 persen suara.

Raihan suara tersebut jauh di atas paslon lainnya, yakni; Lukman Edy-Hardianto meraih 14,47 persen suara, Firdaus-Rusli Effendi mendapatkan 21,23 persen, dan paslon Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno meraup 24,03 persen suara. 


Ketua KPU Provinsi Riau, Nurhamin, mengatakan, perolehan sementara tersebut diperoleh dari hasil penghitungan suara 7.816 TPS yang sudah masuk ke penghitungan nyata (real count) KPU Riau hingga siang tadi. 

"Data real count ini baru bersifat sementara. Hasil finalnya nanti mengacu pada rapat pleno penetapan perolehan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 yang disampaikan KPU," ujar Nurhamin, Kamis, 28 Juni 2018. 

Hasil perolehan suara yang resmi disampaikan KPU, sambung Nurhamin, dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat kecamatan, KPU kabupaten/kota, hingga di KPU Provinsi Riau pada 7 Juli 2018 mendatang. "Hasil resminya akan disampaikan dalam rapat pleno KPU," ujarnya.  




(ALB)