Ilustrasi. Pexel
Ilustrasi. Pexel

Gak Usah Bingung, Simak Nih Tahapan Tulis Cover Letter untuk Pemula dan Mahasiswa

Medcom • 29 September 2022 14:58
Jakarta: Sobat Medcom yang masih berkuliah, terutama semester akhir, biasanya mencari pengalaman kerja seperti magang atau internship di perusahaan, kementerian, dan lain-lain. Saat melamar pekerjaan, kandidat akan diminta mengirimkan data diri seperti CV/Resume, Cover Letter, dan data pendukung lainnya.
 
Cover Letter adalah salah satu bagian penting dalam melamar pekerjaan. Cover Letter merupakan surat yang menjelaskan kemampuan dan pengalaman Sobat Medcom secara singkat terkait pekerjaan atau posisi yang dilamar. Cover Letter berguna untuk memperkenalkan diri dan latar belakang secara singkat kepada recruiter.
 
Nah, supaya Cover Letter Sobat Medcom dilirik oleh recruiter, perhatikan struktur Cover Letter berikut ini dilansir dari Ruangguru:

1. Heading

Heading adalah bagian awal surat atau kepala surat. Heading biasanya berisi tentang informasi kontak pengirim yang terdiri atas nama, alamat, nomor telepon, dan email.

2. Opening Greeting

Seperti namanya, opening greeting adalah bagian salam pembuka dalam bahasa formal kepada recruiter. Biasanya, pada bagian ini Sobat Medcom bisa membubuhkan kata "Dear" diikuti dengan nama penerima dan tanda koma.

3. Introductory Paragraph

Bagian ini adalah paragraf pembuka yang berisi penjelasan bahwa sobat Medcom sedang melamar pekerjaan atau posisi tertentu di perusahaan yang dituju. Sobat Medcom boleh menyebutkan hal-hal yang membuat kamu tertarik untuk melamar di posisi tersebut.

4. Highlighting Paragraph

Ini adalah bagian paling penting dari Cover Letter. Bagian ini merupakan paragraf inti yang berisi kualifikasi dan kemampuan khusus yang Sobat Medcom miliki, terutama yang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Sobat Medcom bisa menjelaskan sedetail mungkin tentang pengalaman, skill, dan hal-hal lain yang mendukung.

5. Closing Paragraph

Closing Paragraph adalah paragraf penutup yang berisi ucapan terima kasih kepada perusahaan atau recruiter atas pertimbangan mereka terhadap lamaran yang Sobat Medcom kirim.

6. Complimentary Closing

Bagian ini berisi salam penutup. Di bagian ini Sobat Medcom bisa mengatakan kamu berharap dapat berdiskusi lebih lanjut mengenai pekerjaan yang dilamar melalui interview dengan recruiter.

7. Signature

Cover Letter biasanya ditutup dengan pembubuhan tanda tangan dan nama terang pelamar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nah, itu dia bagian-bagian yang harus Sobat Medcom cantumkan pada Cover Letter. Cobalah membuat setiap kalimat semenarik mungkin agar recruiter tertarik membacanya. Jangan sampai ada bagian yang terlewat ya Sobat Medcom! (Annisa Ambarwaty)
 
Baca juga: 7 Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Contohnya 

 
(REN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif