Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Dosen UNAIR Bagikan Tips Menulis Karya Ilmiah yang Baik

Pendidikan Riset dan Penelitian Tips Pendidikan Perguruan Tinggi UNAIR
Arga sumantri • 22 Juni 2021 10:34
Surabaya: Dosen Universitas Airlangga (UNAIR) Eka Saputra berbagi tips menulis karya ilmiah yang baik. Kemampuan penulisan karya ilmiah jadi modal penting bagi mahasiswa atau peneliti dalam menjalankan sebuah penelitian.
 
Eka mengatakan, setiap karya ilmiah wajib memenuhi format dan persyaratan yang ditentukan. Karya ilmiah sebaiknya disusun secara sistematis dan runtut. Ia juga mengingatkan pada penyusunan inti yang harus seimbang. Perancangan kerangka tulisan (outline) sebaiknya dilakukan pada tahap awal penyusunan karya ilmiah.
 
Ia menyebut, langkah awal dalam penulisan karya ilmiah adalah menemukan ide kreatif. Menurut Eka, ide kreatif dapat muncul jika kita banyak melakukan literasi. Namun, tidak hanya sekadar membaca literatur tersebut, melainkan harus mengklasifikasikannya dalam bentuk 5W+1H agar memudahkan menemukan ide-ide yang dapat ditulis. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, perlu juga mengetahui tempat atau situasi aktivitas yang dapat memicu ide kreatif untuk menulis.
 
"Jadi, kita bukan hanya banyak membaca, tapi kita mengklasifikasikan dalam bentuk 5W+1H," kata Eka mengutip siaran pers UNAIR, Selasa, 22 Juni 2021.
 
Baca: Tips Membuat Esai Beasiswa: Hindari Kata Pembuka 'My name is'
 
Eka menerangkan, dalam menentukan ide, perlu dikaji secara mendalam latar belakang dari ide tersebut. Selain itu, perlu dipertimbangkan solusi apa saja yang pernah muncul pada penelitian sebelumnya. 
 
Setelahnya, baru memikirkan ide solusinya. Catat semua solusi yang pernah ditawarkan maupun yang sudah dilakukan. "Pencatatan itu berfungsi agar kita tidak mengulangi sesuatu yang telah dilakukan," tegasnya.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif