Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

10 Langkah Jitu Dapatkan Beasiswa

Pendidikan Beasiswa Pendidikan Tinggi Tips Pendidikan Perguruan Tinggi
Arga sumantri • 29 Juli 2021 08:04
Jakarta: Banyak siswa ataupun mahasiswa punya mimpi melanjutkan pendidikan tinggi ke luar negeri. Mencapai mimpi kuliah di luar negeri memang tak mudah. Mayoritas penghambat berkuliah di luar negeri yakni biayanya yang tak murah.
 
Namun, saat ini, berkuliah di luar negeri tentu bukan lagi mimpi yang tak mungkin digapai. Sudah banyak beasiswa tersedia untuk membantu meringankan beban biaya berkuliah di luar negeri. 
 
Program beasiswa sudah banyak macamnya juga. Mulai dari beasiswa dari pemerintah, universitas, ataupun organisasi swasta. Ada juga banyak beasiswa yang tersedia yang diperuntukkan untuk kelompok spesifik di masyarakat, seperti khusus perempuan atau laki-laki, ras, disabilitas, dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemilihan beasiswa apapun sudah barang tentu selektif. Komite pemberi beasiswa ingin memastikan bahwa beasiswa yang diberikan memang pantas untuk sang penerima dan dapat dikembangkan lagi setelah kelulusan secara optimal. Oleh karena itu, untuk bisa kuliah di luar negeri dengan beasiswa, ada langkah-langkah strategis yang perlu diperhatikan.
 
Berikut tips jitu mendapatkan beasiswa yang dibagikan lembaga European Higher Education Fair (EHEF) Indonesia.
 
1. Minta Bantuan
 
Pertama dan terpenting, jangan takut untuk menjangkau orang-orang di sekitar untuk meminta bantuan. Hubungi kantor studi di luar negeri universitas, profesor, kantor bantuan keuangan, dan penasihat akademik untuk bertanya kepada mereka mengetahui beasiswa atau hibah yang cocok dengan kriteria.
 
Jika memungkinkan, datangi langsung ke kantor-kantor ini untuk meminta saran tentang cara mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri, daripada hanya mengirim email atau menelepon. 
 
Hal ini tidak hanya akan memudahkan profesor atau kantor studi di luar negeri untuk membantu, tetapi mereka juga akan terkesan dengan tekad dan inisiatif yang jelas saat tiba untuk membahas bantuan keuangan secara langsung. 
 
Bagian tersulit dari mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri hanyalah menemukannya, jadi pastikan untuk bertanya kepada para profesional apakah mereka mengetahui informasi tersebut.
 
 
Halaman Selanjutnya
2. Riset, riset, riset! …
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif