Foto: Eeyuva
Foto: Eeyuva

Tips Lancar Berpuasa ala Ahli Gizi UGM

Citra Larasati • 24 April 2020 17:17
Jakarta:  Ahli gizi UGM, R. Dwi Budiningsari Budiningsari membagikan sejumlah tips agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa di saat pandemi covid-19.
 
Langkah awal adalah memastikan terlebih dahulu kondisi kesehatan tubuh. Orang sehat dianjurkan tetap berpuasa, sedangkan yang sakit dianjurkan berkonsultasi terlebih dulu ke dokter.
 
Selain itu, menjaga makan yang sehat dan seimbang sesuai dengan porsi Isi piringku. Saat sahur dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan serat yang membutuhkan waktu lama untuk dicerna diubah menjadi energi.
 
Dengan begitu energi yang dihasilkan akan bertahan lebih lama dan juga merasa kenyang lebih lama. "Contohnya seperti nasi merah, kentang, roti gandum, biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, dan ubi," sebut Budiningsari dikutip dari laman UGM, Jumat, 24 April 2020.
 
Selain itu, juga konsumsi sayuran hijau, brokoli, wortel, dan lainnya yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Sementara untuk protein dapat dipenuhi dari hewani maupun nabati seperti ikan, telur, ayam, daging, tempe, dan tahu. 
 
Tak kalah penting mengonsumsi buah-buahan, seperti semangka, pepaya, melon,  jeruk, buah naga, dan lainnya. Selanjutnya, menjaga asupan air putih dua liter atau setara dengan 8-9 gelas sehari, diatur mulai dari buka hingga sahur.
 
“Batasi konsumsi gula, jangan lebih dari 50 gram sehari atau setara dengan 4 sendok makan karena bisa memengaruhi sel imun untuk memerangi penyakit. Selain itu, hindari konsumsi makanan dengan kandungan lemak trans tinggi dan kurangi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan atau minuman yang terlalu manis,” papar Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (PERGIZI Pangan) DIY ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat berbuka, Budiningsari menyarankan masyarakat untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan. Porsi makan saat berbuka puasa sebaiknya sekitar 10-25 persen dari kebutuhan sehari, diikuti makan malam setelah sholat magrib sekitar 25-35 persen, snack malam sekitar 10-25 persen, sedangkan saat sahur sebesar 20-35 persen kebutuhan sehari.
 
Tak hanya menjaga gizi seimbang, selama berpuasa juga disarankan tetap melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Olahraga dapat dilakukan dengan aktivitas rumah tangga dan senam aerobik ringan hingga sedang untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
 
Berikutnya, istirahat yang cukup setidaknya delapan jam sehari.  Menjadwalkan tidur secara teratur penting dilakukan sebab jadwal tidur selama berpuasa biasanya berubah drastis.
 
“Hindari stres karena bisa menurunkan imunitas,” imbuhnya.
 
Tidak kalah penting tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19. Antara lain dengan menjaga kebersihan melalui rajin mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan memakai masker jika keluar rumah. 
 
(CEU)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif