Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Ini 5 Pekerjaan Prospektif di Era Society 5.0

Pendidikan teknologi lapangan pekerjaan
Muhammad Syahrul Ramadhan • 12 Januari 2021 15:09

Jakarta: Dunia sudah memasuki era Society 5.0, sebutan populer untuk era superpintar. Di era ini, masyarakat harus beradaptasi dengan teknologi. Tanpa melek teknologi, mustahil bisa bertahan.

Hal ini tentu membuka prospek kerja baru yang memadukan teknologi dan kreativitas manusia. Bagi sobat Medcom.id yang saat ini sedang mempersiapkan masa depannya, berikut beberapa pekerjaan yang mempunyai prospek bagus di era society 5.0. 
 
Dikutip dari instagram resmi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi @ditjen.dikti, ada beberapa pekerjaan yang memiliki prospek bagus di era society 5.0. Apa saja itu?

1. Web developer

Untuk memasarkan produknya, mau tidak mau perusahan harus memanfaatkan segala hal termasuk dalam hal mencakup ranah digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Setiap perusahaan butuh alamat daring berupa website untuk lebih menjangkau konsumen.

Sehingga, peran Web Developer di masa akan datang cukup penting sebagai pembuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrograman. Untuk menjadi seorang web developer yang dibutuhkan adalah mempelajari front-end, back-end developer, HTML dan CSS.

2. App developer

Setiap perusahaan yang bergerak di berbagai macam bidang, berlomba-lomba menciptakan aplikasi untuk menunjang kebutuhan para konsumennya di masing-masing smartphone. Untuk menjadi seorang app developer harus memiliki kemampuan algoritma dan logika pemrograman. 

3. Search engine optimization (SEO) 

SEO Specialist bertanggung jawab untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus diperbarui. Ini alasan kenapa profesi SEO menjadi penting di era society 5.0 terutama bagi perusahaan yang memanfaatkan kanal digital sebagai pemasaran mereka.
 
Selain itu, mereka juga bertugas mengoptimalkan website sehingga mampu berada pada posisi teratas di halaman pertama Google.
 

4. Content creator

Sebuah produk akan dikenal masyarakat luas jika dikemas dengan iklan yang dapat membuat orang pemasaran dan tertarik untuk membeli atau menggunakan produk tersebut. Bagaimana membuat orang terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk, sehingga profesi ini cukup dibutuhkan pada era Society 5.0. Seorang content creator perlu memiliki soft skill yaitu kreativitas dan inovasi untuk menciptakan konten yang menarik.

5. Social media specialist

Hampir setiap orang memiliki media sosial, itulah yang dimanfaatkan perusahaan sebagai promosi dan mendapatkan konsumen melalui media sosial. Tren iklan yang dulunya menggunakan media televisi, sekarang sudah bergeser melalui media sosial.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai pemasaran atau branding satu produk, dibutuhkan social media specialist yang bertanggung jawab atas konten yang menganalisa feedback dari warganet.
 
Itu tadi beberapa prospek pekerjaan di era society 5.0 Semoga bermanfaat terutama fresh graduate yang sedang bingung mencari pekerjaan.


 
(AGA)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif